Festival Way Kambas Ke XIX Resmi Ditutup Dengan Memukul Gong

102 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Hari penutupan Festival Way Kambas yang ke XIX ini menjadi Kalender Event Wisata Lampung Timur yang masuk Event Nasional di Lamtim, Minggu (10/11/2019).

Hadir dalam acara penutupan Festival Way Kambas Duta Besar Negara Bosnia and Herzegovina, Mr. Momcilo Vukovic beserta anak dan istri. Selain itu terdapat pula Wakil DPR RI Bidang Politik dan Keamanan, Azis Syamsudin, Forkopimda Lampung Timu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin.

Pelaksanaan penutupan kegiatan Festival Way Kambas sendiri ditandai dengan pemukulan gong sebanyak sembilan kali oleh Duta Besar Negara Slovakia, Mr. Jaroslav Chlebo didampingi sang Istri, dan disaksikan langsung oleh Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari,

Sebelum diadakan penutupan Festival Way Kambas pada sore hari. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di siang hari sekira pukul 10.30 Wib menggelar Way Kambas Adventure Trail yang diketahui diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dengan mengambil rute sekitar Way Kambas.

Selanjutnya dalam rangka memeriahkan Festival Way Kambas hadir pula para pengemar Crosser dari Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya ikut serta dalam Adventure Trail yang di gelar oleh Pemkab Lampung Timur.

Selain kegiatan Adventure Trail juga digelar lomba tari bedana di Rest Area Way Kambas dan XC MTB. Untuk XC MTB sendiri, sebanyak 172 Peserta turut ambil bagian dalam event ini. Untuk pesertanya tidak hanya berasal dari Kabupaten Lampung Timur saja namun juga berasal dari Kabupaten Lain seperti Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Barat, dan Pesawaran. Bahkan terdapat pula peserta dari luar daerah Lampung seperti, Muara Enim, Palembang Kota, Lahat, Lubuk Linggau dan Cilegon.

Diahir acara atau penutupan di persembahkan Tari Bedana Masal yang dibawakan muda mudi atau dalam Bahasa Lampung biasa disebut Muli Mekhanai dalam acara tertentu sebagai ungkapan rasa gembira.

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dalam sambutanya mengatakan bahwa Festival Way Kambas merupakan salah satu ajang promosi wisata yang ada di Lampung Timur dan diharapkan dapat menjadikan Lampung Timur lebih dikenal di tingkat Nasional.

“Meski Festival ini berlangsung ditengah musim kemarau namun itu tidak menyurutkan semangat masyarakat Lampung Timur untuk bersukaria menyambut Festival Pesona Way Kambas ini, “Ucapnya.

Masih kata Zaiful, “Semoga dengan terlaksananya semarak Festival Way Kambas ke-19 tahun 2019 ini dapat mengangkat Kabupaten Lampung Timur dan Provinsi Lampung menjadi lebih maju dan lebih dikenal di mata dunia. “Harapnya. (Erwan/red)