Penyandang Dipabel Dapatkan Bantuan Dari Dinsos Tanggamus

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, yang bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Almanda Lampung dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung, Menyerahkan bantuan Kursi Roda serta sembako untuk Mayasari, sipenyandang Dipabel, Selasa (05/11/2019).

Bantuan kursi dan sembako tersebut diserahkan lansung oleh Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Alamanda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung (Roswati,M.Pd). Yang langsung disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus (Zulfadli,SE.MM.,), dan Lurah Pasar Madang Isman Hadi dan Tim Komite Wartawan Indinesia (DPC KWI) Tanggamus.

Sementara, bantuan berupa kursi roda dan sembako diterima langsung oleh Manafi, ayah Mayasari si penderita Dipadel, dan Suntari sang ibu. Terlihat pancaran kecerian dan kebahagian nampak diwajah Mayasari saat menerima kursi roda yang diberikan dan lansung diduduki oleh Mayasari.

Pada kesempatan itu, Zulfadli. SE.MM selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus mengatakan bahwa, Dinas Sosial sudah menerima pengajuan data warga miskin dari Kelurahan Pasar Madang Kotaagung, sehingga dirinya dan anggotanya langsung turun guna melihat langsung atas laporan dari Lurah Pasar Madang Kotaagung.

“Saya melihat langsung keadaan keluarga Manafi, memang layak untuk mendapatkan bantuan PKH, dan lainnya. Melalui Dinsos Tanggamus, kami sudah mengupayakannya, tapi keluarga ini belum masuk BDT dan itu sudah kami kejar dikelurahan,”Kata Zulfadli.

Lanjut Zulfadli, untuk mendapatkan IDBDT, Madafi harus masuk Sekine. Karena mendapatkan bantuan PKH dan BPNT harus terdaftar dikementrian sosial dan IDBDT, karena sudah pusat yang menetukan. Saat ini, Dinsos Tanggamus tidak bisa serta merta mengelontorkan bantuan.

“Semuanya butuh proses. Karena sesuai angaran yang sudah ada. Dan untuk adek kita ini, Disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, yaitu Lembaga kesejahteraan Sosial (LKS) Alamanda Provinsi Lampung, yang diketuain oleh (Roswati,M.Pd.) telah memasukkan di aplikasi sistem informasi penyandang disabilitas (SIMPD), untuk memperoleh IDBDT penyandang disabilitasnya,” Kata Zulfadli lagi.

Sementara itu, Roswati.,M.Pd selaku Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Alamanda Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, yang sekaligus perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung, pada kesempatan ini mengatakan bahwa dirinya mengetahui hal tersebut dari pemberitahuan media Online dan Cetak, sehingga dirinya mengecek langsung kelokasi.

“Awalnya kami mengetahui keluarga prasejahtera dan penyandang dipabel ini, dari pemberitaan media Online dan Cetak. Sehingga kami kroscek langsung kelapangan, dan benar keluarga ini membutuhkan bantuan, khususnya kursi roda untuk adek Mayasari ini,”Jelas Roswati.

Selain bantuan korsi roda dan sembako, LKS Almanda dan ACT Tanggamus telah memasukkan Adek Mayasari ini di aplikasi sistem informasi penyandang disabilitas, atau yang disingkat dengan SIMPD, untuk memperoleh ID BDT penyandang disabilitasnya.

“ACT dan LKS Alamanda Tanggamus, bermitra dengan Dinsos Tanggamus juga masyarakat, kami juga bisa bermitra dengan lembaga media seperti KWI. Sepanjang ada temuan permasalahan warga miskin, asal bisa kami jngkau akan kami inpertarisir,” katanya.

Menurut Roswati, untuk kesehatan keluarga Manafi sudah ada BPJS, dan bisa dipergunakan untuk berobat di Rumah Sakit. Untuk pendampingan terus menerus, bisa melalui kelurahan atau lembaga lain.”Pungkasnya.

Madafi selaku keluarga yang menerima bantuan, sangat mengucapkan terima kasih kepada LKS Alamanda dan ACT Tanggamus Lampung. Dan tak lupa juga ia sampaikan ucapan yang sama kepada Dinas Sosial Tanggamus. Karena, telah peduli kepada keluarga mereka.

“Atas bantuan yang kami terima saat ini, kami sekeluarga sangat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. khusunya kursi roda untuk Mayasari, selama 15 tahun terahir Mayasari hanya bisa berbaring ditempat tidur saja semoga dengan kursi roda ini Mayasari bisa menghirup udara diluar rumah,” Ucap Madafi.(Rls/Hasbuna)