Pawai Budaya Meriahkan Hut Desa Tulung Pasik Ke 48

1016 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.Com) Desa Tulung Pasik Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur, memperingati ulang tahun yang ke 48 dan dimeriahkan pawai Budaya di setiap dusun menampilkan kreatifnya pada Minggu (20/10/2019) bertempat dilapangam merdeka desa setempat.

Pawai Budaya yang bertemakan ” Mari jaga Kerukunan dan Keamanan Kita bersama” yang juga masuk dalam kalender Festival Wisata Kabupaten Lampung Timur itu, diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Tulung Pasik dari dusun 1 hingga dusun 6 menampilkan kreatifnya untuk di tunjukan pada pawai Budaya, serta siswa siswi sekolah dasar dan menengah pertama yang ada di Tulung Pasik, untuk memeriahkan Hut Desa yang ke 48 tahun.

Dalam acara tersebut di setiap dusun terlihat semua menyajikan untuk mengikuti lomba tumpeng yang dinilai dari Dinas Pariwisata serta dari kesehatan Puskesmas Mataram Baru juga ikut menampilkan tumpeng walaupun hanya sederhana tidak seperti dusun-dusun lain, yang kelihatan serba ada makananya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Hari ulang tahun Desa, Supriyanto mewakili Kepala Desa Tulung Pasik mengatakan ” kegiatan pada hari ini dalam rangka ulang tahun Desa ke 48 tahun, kegiatan ini juga kegiatan rutin yang kami gelar setiap tahunnya, “Ucapnya.

Masih dikatakanya, melalui kegiatan pawai ini, kami selaku panitia kegiatan berharap, Budaya yang ada di Desa Tulung Pasik agar dapat dipamerkan pada khalangan luas, “Ini sebagai nilai kearifan lokal, serta memotivasi masyarakat untuk berperan aktif untuk perkembangan Desa Tulung Pasik.”Pintanya.

” Masyarakat sangat dibutuhkan peran aktifnya dalam kegaiatan ini, karena bukan panitia atau pemerintah Desa yang memiliki , tetapi masyarakat juga memiliki. Maka masyarakatlah yang harus memperingati, terutama yang ada tokoh-tokohnya untuk mengenang jasa mereka dalam mendirikan Desa, dan disini sebagai sarana memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam perkembangan Desa, “Kata Supriyanto.

Supriyanto menambahkan selain lomba pawai Budaya, Desa yang berdiri pada 20 Oktober 1972 itu juga mengadakan Tournament sepak bola putra dan putri, yang dilaksanakan pada 5 – 18 Oktober 2019 yang lalu, dilanjutkan lomba MTQ tingkat Sekolah Dasar, lomba baris berbaris,dan lomba Senam.

Eti Ari Susanti warga Desa Tulung Pasik sekaligus bidan Desa yang hadir dalam pawai Budaya saat diwawancarai Bumi1.Com mengatakan ” bagus acara ini, bisa mensuport masyarakat untuk memuncukan kreatifitas masyarakat, dengan adanya lomba karnaval, senam. Kedepan semoga partisipasi masyarakat semakin meningkat, terus masyarakat lebih mandiri setiap menghadapi masalah, dan semakin kompak.

Ia berharap kegiatan seperti ini kedepan lebih di tingkatkan lagi, karena kegiatan seperti ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi pada masyarakat dan pemerintah Desa, selain itu, di setiap tahunnya harus di adakan dan kalau bisa lebih meriah lagi dari tahun ini, “Pintanya.

Dalam kegitan itu tampak Hadir Kepala Dinas Pariwisata Lampung Timur Almaturidi, S.E., Camat Mataram Baru Ismail, Kapolsek Mataram Baru Iptu Suarman, Anggota DPRD Lampung Timur dari Partai Nasdem Agus Putra Eka Jasutra, Kepala Desa Tulung Pasik Syaiful, Aparatur pemerintah Desa, Serta warga masyarakat yang hadir memeriahkan pawai Budaya Hari ulang tahun Desa Tulung Pasik.(Wahib)