BUMDes Desa Sidorejo Kerjasama Dengan Unu Lampung Terkait PKM

101 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Karya Sejahtera Desa Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur telah memberikan pelatihan cara pembuatan pakan komplit, silase dan pemanfaatan urine ternak untuk pembuatan pupuk cair, Sabtu (07/09/2019).

Dalam kegiatan tersebut bekerja sama dengan Universitas Nahdarul Ulama (Unu) Lampung dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Sebanyak 4 kelompok peternak kambing mengikuti pelatihan tersebut, di antaranya Krida Mandiri, Tani Jaya, Mekar Sari dan Bintang Etawa.

Ketua BUMDes Bumi Karya Sejahtera Hi. Wahid Imam Rifai saat memberikan keterangan pada Bumi1.Com mengatakan ” acara pada hari ini adalah, memberikan pelatihan cara mengolah pakan ternak khususnya Kambing, agar kandungan dalam pakan meningkat kualitasnya, sehingga dari pakan yang baik tersebut dapat menghasilkan ternak yang baik pula, “Ucapnya.

Ditempat Yang Sama M. Khoirudin. M.Pd., mengatakan ” Kami dari civitas Akademik Unu Lampung bersama dengan BUMdes Bumi Karya Sejahtera Sidorejo, dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat, dengan tujuan memberikan pelatihan dan penyuluhan bagaimana membuat pakan berkualitas, dan pemanfaatan Urine ternak Untuk dipergunakan Sebagai pupuk cair yang aman digunakan.

Khoirudin menambahka melalui pelatihan ini diharapkan peternak mampu membuat pakan ternak dengan kualitas yang baik, dan pemanfaatan urine sebagai pupuk cair dapat menjadi nilai tambah bagi peternak, “Harapnya.

” Hari Ini adalah Sesi ke 2, sesi pertama pada 22 juli 2019, dan sesi ke 3 akan kami jadwalkan kembali, sesi ke 3 nanti Praktek langsung pembuatan. Kami selaku pengurus BUMdes berharap setelah pelatihan ini selesai, peternak dapat menghasilkan pakan ternak yang berkualitas, dan tentunya dapat mengolah urine dari ternak kambing itu menjadi pupuk cair yang dapat digunakan oleh peternak itu sendiri, atau dijual sehingga menjadi nilai tambah bagi peternak,” Tambahnya.

Sementara Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah bentuk pengabdian Unu Lampung kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan hasil dan kualitas ternak, serta pemanfaatan urine.

” Masih di katakanyan PKM ini berasal dari Kementrian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) melalui Unu Lampung. Melalui PKM ini diharap aplikasi teknologi dapat diterapkan pada peternak, sebagai wujud pengabdian Unu Lampung kepada masyarakat. “Yang nantinya masyarakat dapat melakukan aktifitas beternak dengan tata kelola pembuatan pakan dan kandang yang baik. Serta urine yang dihasilkan bisa menjadi pupuk cair organik yang bisa dimanfaatkan, dan akan menjadi nilai tambah hingga pada akhirnya kesejahteraan peternak meningkat ,”Pungkasnya.

Hadir dalam pelatihan tersebut Dosen dari Unu Lampung M.Khoirudin M.Pd., Anhar Faisal M.Si., Nurul Fajriah M.Si., pengurus BUMDes Bumi Karya Sejahtera, Kelompok ternak Krida Mandiri,Tani Jaya, Mekara Sari Desa Sidorejo dan kelompok ternak Bintang Etawa Desa Mekar Jaya,dengan Masing masing kelompok sebanyak 6 orang. (Wahib)