Peningkatan P3KSS Bertempat Di Pekon Kali Bening

102 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.Com) Peningkatan peranan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) Dan Gerakan Sayang Ibu (GSI) tahun 2019.Bertempat dilapangan Dusun Kali bening Pekon Kali Bening KecamatanTalang Padang Tanggamus. Kamis (22/08/2019).

Hadir dalam acara tersebut Hi.A.M.Syafii,S.Ag Wakil Bupati Tanggamus, Hamid Herinsyah Lubis Sekda Tanggamus, Kompol Yuliansah.SH.MH Waka Polres Tanggamus, Drs.Ajpani Ka Kesbangpol Tanggamus, Fb.Karjiono Asisten II bidang Ekonomi dan pembangunan, Dra.Buyana.M.Si Kepala PP-PA/Ketua Tim Penilai Provinsi Lampung, Roza Mainita Wakil ketua Persit KCK Ranting XIX Kodim 0424/Tanggamus, Hj.Sri Nilawati Ketua TP-PKK kab.Tanggamus),Andreas Tamiwijaya(Camat Talang Padang, Kapten Inf.Sanusi Danramil 04/Talpa, IPTU Khoirul Yasin.S.Kom Kapolsek Talpa, Ka OPD Tanggamus, Camat Se-Kab.Tanggamus, Ketua TP-PKK se-Kec.Talang Padang dan Kepala Pekon Se-Kec.Talang Padang.

Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M.Syafii.S.Ag dalam sambutanyan mengatakan saya atas nama pribadi dan Pemkab Tanggamus mengucapkan selamat datang pada Tim Juri Lomba P3KSS dan GSI tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 di Pekon Kali Bening Kecamatan Talang Padang.

Peran penting perempuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat sangat menentukan sehat dan sejahteranya sebuah keluarga. Pembangunan kualitas hidup manusia merupakan upaya terus menerus yang dilakukan pemerintah dalam rangka mencapai kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya Upaya pembangunan ini ditujukan untuk kepentingan seluruh penduduk tanpa membedakan jenis kelamin tertentu.Namun pelaksanaannya masih terdapat kelompok penduduk yang tertinggal dalam pencapaian kualitas hidup Ketertinggalan ini disebabkan oleh berbagai persoalan polemik yang seringkali saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Wabup menambahkan Program Terpadu P3KSS merupakan salah satu program peningkatan peranan perempuan, atau dengan kata lain bahwa perempuan sebagai motor penggerak dalam pembangunan untukmengembangkan sumber daya manusia dan sumberdaya alam guna mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia. “Tuturnya.

Sementara Dra.Buyana.M.Si Kepala PP-PA/Tim Penilai dari Provinsi Lampung menjelaskan “Perlu kita ketahui bersama, bahwa Penilaian terhadap peran perempuan untuk keluarga sehat sejahtera ini dilakukan secara rutin, hal ini merupakan evaluasi keberhasilan dalam pembinaan yang dilakukan oleh Kabupaten/ Kota se- Provinsi Lampung terhadap Program P3KSS dan GSI tingkat Provinsi.

Ia menambahkan Program terpadu Peningkatan Peranan Perempuan Sejahtera (P3KSS) merupakan salah satu Program perempuan dalam Pembangunan dengan mengembangkan Sumber Daya manusia, Sumberdaya Alam dan lingkungan guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat,Sejahtera dan bahagia di tingkat desa/ kelurahan, dimana perempuan sebagai penggeraknya.

Lanjutnya begitu pula dengan Gerakan Sayang Ibu Keluarga Sehat menuju meningkatkan peran untuk (GSI) merupakan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang merupakan gerakan masyarakat bersama pemerintah untuk peningkatan dan memperbaiki kualitas hidup kaum perempuan demi pembangunan Sumber Daya manusia yang berkualitas dan bermartabat. ” Pungkasnya. (Hasbuna)