Warga Jabung Sambut Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo

1019 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo di laksanakan di lapangan Kecamatan Jabung Lampung Timur, budaya ini akan tetap di lestarikan dan di jaga kembali oleh warga Jabung sebagai sejarah, Senin (17/06/2019).

Untuk mempertahankan serta memperkenalkan budaya Lampung, kini masyarakat Jabung bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten mengadakan Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo.

Hadir dalam acara tersebut Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Plt.Kadis Pendidikan, Kepala Desa Sekecamatan Jabung, Kapoolsek Jabung, Camat Jabung Hendri Gunawan Sultan Melintang, Korwil Labuhan Maringgai Sumantak, Korwil Bandar Sribawono, Korwil Jabung dan seluruh Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA di Kecamatan Jabung, serta tamu undangan.

Camat Jabung Hendri Gunawan Dalam sambutannya mengatakan “Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo dipersiapkan sedemikian rupa, untuk itu, kami berharap dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terkait pendanaan untuk tahun berikutnya.

Panitia pelaksana kegiatan Adat Budaya Festival Maghgo Sekampung Libo Ibrahim S. Pd. Mm. sekaligus K3s Jabung mewakili Kepala Koordinasi Wilayah (Korwil) Jabung mengatakan ini dalam rangka mensosialisasikan sejarah nenek moyang kita pada jaman dahulu, karena seni budaya sekarang ini, “seperti anak anak muda sekarang ini sudah banyak yang kurang paham dengan adanya kegiatan ini, mudah mudahan bisa bangkit kembali keinginan anak anak dan bisa mempelajari budaya yang sudah ada.

Festival Maghgo Sekampung Libo ini loncing yang pertama kali di Kecamatan Jabung, “saya panitia penyenggara kegiatan, dengan harapan disetiap tahunnya akan kita adakan, untuk pesertanya di ikuti dari wilayah Maghgo Sekampung Libo yang tergabung adat Maghgo Sekampung Libo terdiri dari Desa Jabung, Nagara Batin, Negara Saka, Bungkuk, Asahan dan Gunung Sugih Kecil, “Bebernya.

Ia berharap hasil dari seminar ini dengan harapan dari dua buku itu segera di cetak di perbanyak dan di jadikan muatan lokal untuk wilayah Maghgo Sekampung Libo terutama Desa Jabung, Negara Batin dan Negara Saka. tetapi harapan dari Camat Sekecamatan Jabung paling tidak harus jadikan muatan lokal.

Lanjutnya, berharap pada pemerintah daerah adanya bantuan untuk kegiatan seperti ini karena sudah di ajukan dan hasilnya di masukan ke rencana anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD). Kedepan membantu dana kegiatan kegiatan yang menyangkut masalah adat tradisional supaya tetap terbudaya, “Harapnya.

Diahir acara Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo, sore harinya diadakan karnaval yang di ikuti kalangan pendidikan Sekecamatan Jabung untuk memeriahkan dan menghibur masyarakat Jabung. (Erwan/red)