Pemuda Lintas Agama Ikut Pengamanan Sholat Idul Fitri

101 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah di pendopo Pringsewu, Kelurahan Pringsewu Selatan cukup diminati masyarakat karena diikuti sekitar ribuan jamaah, bertemakan, “Menebar Maaf, Membangun Kebersamaan”.

Namun ada yang menarik dalam hal pengamanan pelaksanaan sholat Ied yang digelar PHBI Pringsewub itu, di lapangan yang berlokasi di tepi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) tersebut di hadiri Pemuda lintas agama dalam pengamanan tersebut. Rabu (05/06/2019).

Kapolsek Pringsewu Kota Polres Tanggamus Kompol Eko Nugroho, SIK mengatakan, sholat Ied yang di imami oleh Ustadz Faizin, S.Pd. dan khotib oleh H. Ali Mubasir selaku Kepala KUA Pringsewu. “Diikuti sekitar 3000 Jamaah sholat Idul Fitri di Lapangan Pendopo.

Dalam kesempatan itu juga Kompol Eko Nugroho menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan baik TNI, Polri dan Pemkab Pringsewu.

Selain itu terkhusus kepada pemuda lintas agama yang turut bersama petugas mengamankan kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari hingga pukul 08.00 Wib. “Terima kasih kepada seluruh petugas pengamanan, kami sampaikan juga terima kasih kepada pemuda lintas agama yang telah bersama-sama hadir dalam pengamanan sebagai wujud kerukunan,” ucapnya.

Dalam pantauan di lapangan, tampak terlihat para pemuda lintas agama yang turut melaksanakan pengamanan terdiri dari Pemuda Katolik  dan Forum Pemuda Kristen Pringsewu (FPKP). Kehadiran pemuda gereja ini untuk membantu petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Pringsewu Kota.

Tampak berjajar para Pemuda Katolik dan FPKP bersama petugas kepolisian mengatur lalu lintas.  Suasana tersebut menampakkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Pringsewu.

Kehadiran pemuda dari agama lain ini terlihat dari seragam yang dikenakan. Pemuda Katolik menggunakan seragam putih dengan variasi hijau dan kuning, sementara dari FPKP mengenakan seragam warna biru dongker.

Wakil Sekretaris Pemuda Katolik Komcab Pringsewu Paulus Suwantoro mengaku sangat bahagia dapat berpartisipasi membantu petugas kepolisian dalam mengamankan ibadah masyarakat di Kabupaten Pringsewu.

Keikut sertaan pemuda gereja, menurut dia, sudah sejak tahun lalu. Ia pun berharap kehadiran mereka dapat membantu dan menggambarkan kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Pringsewu.

“Senang bisa ikut berpartisipasi membantu, dan senang bisa bersilahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Pringsewu,” ungkap Paulus selaku Ketua FPKP Nugroho Santoso.

Hal senada juga dikatakan, Muhammad Faizin selaku Imam Sholat Iid, menyampaikan terimakasih atas keterlibatan pemuda lintas agama. Dia berharap kebersamaan tetap terus terjalin di Bumi Jejama Secancanan ini.

Sementara, Muhammad Idris mengajak untuk terus menjaga toleransi antar umat bergama di Pringsewu. Sehingga Kabupaten Pringsewu menjadi barometer bagi kabupaten/kota di Provinsi Lampung. (Sarifal/Rls)