Warga Sambut Meriah Festival Budaya Tradisional Dan Hut Lampung Timur

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Semarak Festival Budaya Tradisional yang bertempat di Taman Purbakala Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik, untuk memeriahkan Hut Kabupaten Lampung Timur ke 20 tahun, Jum’at (26/04/2019).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dengan gelar Ratu Inten, Sultan Keratuan Melinting, Rizal Ismail dengan gelar Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur, Ela Siti Nuryamah, Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro, Forkopimda Lampung Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera beserta Asisten dan Staf Ahli, Para Kepala OPD, Camat se Lampung Timur, Korwil se Lampung Timur, Tokoh adat,Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Acara pembukaan di sambut meriah oleh warga setempat yang tumpah ruah menyaksikan Festival Budaya Tradisional di lapangan Pugung Raharjo, yang diperkirakan ribuan warga Terlihat ikut serta memeriahkan acara yang di selenggarakan Pemerintah Kabupaten setempat.

Selain itu, Kemeriahan serta keceriaan terlihat dari Wisata Jelajah Cagar Budaya, Jalan Sehat, serta Fun Bike di Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala Pugung Raharjo Tahun 2019,

Kegiatan Festival Budaya Tradisional di adakan selama 3 hari dimulai hari Jum’at sampai Minggu di akhir kegiatan, dengan mengangkat tema “Sejahtera, Maju, Ramah dan Berkesan”

Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala Pugung Raharjo Tahun 2019 kali ini diawali dengan lomba Fun bike, jalan sehat dan jelajah wisata cagar budaya. Kegiatan-kegiatan tersebut mengambil start dan finish di Lapangan BRN Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik yang dilepas oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Lampung Timur, Wan Ruslan Abdulgani.

Kegiatan fun bike sendiri menempuh jarak sejauh 10 km, untuk jalan sehat dan jelajah Cagar Budaya menempuh jarak 3 km dengan melintasi kawasan Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Selain kegiatan tersebut juga berbagai acara digelar untuk memeriahkan Festival Budaya Tradisional sekaligus Hut Lampung Timur ke 20 tahun, salah satunya Lomba Liga Dangdut Lampung Timur yang mana diikuti oleh ratusan peserta yang kemudian disaring kembali menjadi 20 peserta untuk tampil pada babak grand final hari ini. Peserta-peserta terpilih, itupun tidak hanya berasal dari Lampung Timur saja tetapi juga berasal dari Kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung seperti dari Kabupaten Way Kanan, Tulang Bawang, Bandar Lampung, Pesawaran, Metro dan Pringsewu.

Pada babak grand final lomba Liga Dangdut ini hadir Vita Apriliani yang merupakan Top 16 Liga Dangdut Indonesia 2019. Selain untuk menghibur masyarakat, kehadiran Vita juga sekaligus sebagai penyemangat untuk peserta agar dapat tampil lebih baik.

Selain lomba liga dangdut, digelar juga Festival Foto Selfie yang mana lomba ini berlangsung selama 3 hari mulai dari Jum’at sampai Minggu di hari terakhirnya. Lomba ini sendiri mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil moment selfie ketika sedang berada atau hadir pada Festival Budaya Tradisional Purbakala Pugung Raharjo. Pemenang dari lomba ini nantinya akan diumumkan pada penutupan Festival Budaya Tradisional yakni hari Minggu tanggal 28 April 2019.

Pada saat menuju lokasi acara Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala Pugung Raharjo tahun 2019, Bupati Lampung Timur hadir dengan menaiki tandu dan mengenakan pakaian bernuansa hitam berpadu dengan warna emas yang semakin menambah keanggunan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur.

Festival Pawai Budaya di ikuti dari 24 Kecamatan yang ada di Lampung Timur untuk memeriahkan pembukaan acara tersebut. Selain itu, tampil pula seni budaya Sekappung Limo Migo Marga Sekampung Udik serta sajian seni budaya dari Keratuan Melinting yang menampilkan tarian serta kesenian pencak silat.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dalam konfrensi pers nya Menjelaskan ini acara Festival Taman Purbakala sekaligus Hut Lampung Timur ke 20 tahun, Sebenarnya Festival ini bukan yang pertama kali tetapi dijadikan besar dan melibatkan banyak orang serta lebih beragam, dan ini semua bisa karena kita dibantu oleh tokoh tokoh semuanya baik itu tokoh Sekampung Limo Migo maupun dari Melinting dan dari 24 Kecamatan lainnya.

Kegiatan Festival seperti ini harus kita jaga bersama untuk terus berlangsung dan kita sudah dengarkan bahwa semua tokoh mendukung dan tidak ada yang tidak mendukung karena ini bukan sekedar acara seremonial semata, acara ini efek positifnya jauh lebih kedepan, jadi ini merupakan tanggung jawab bersama dan saya buktikan semua ikut bahu membahu dan membantu untuk kelancaran dan kesuksesan acara Festival Budaya Tradisional pada tahun 2019.

Lanjutnya, dimanapun saya berada insyallah perihal pariwisata yang efeknya real saya memiliki kesempatan untuk mengusulkan Festival mana saja di Lampung, dan ini bisa dijadikan Festival andalan di Lampung. Insyallah secara komitmen pribadi saya akan memperjuangkan Festival andalan dari Lampung Timur untuk jadi perhatian Provinsi Lampung, dan saya ingin berbuat yang lebih untuk Lampung Timur.

Sarana hiburan yang di tampilkan dalam acara Festival Budaya Tradisional sekaligus Hut Lampung Timur ke 20 tahun dilakukan pemberian penghargaan pada Sekampung Limo Migo dan Marga Melinting.

Usai menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan peninjauan bazar kuliner tradisional, stand agrowisata, pasar murah, donor darah, dan pameran budaya yang ada di lokasi acara tersebut. (Lipsus/ADV)