Puskesmas Labuhan Maringgai Adakan Gebyar Pemeriksaan Deteksi Mulut Rahim

109 Kali Dilihat

Lampung (bumi1.com) Puskesmas Labuhan Maringgai Adakan Gebyar pemeriksaan deteksi dini mulut rahim bertempat di Puskesmas setempat, Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur (17/11/2018)

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat terlihat mengantri dari depan sampai dalam ruangan Puskesmas, antrian untuk diperiksa oleh perawat dari Puskesmas setempat.

Selain itu, para pegawai Puskesmas terlihat sangat sibuk melayani masyarakat yang mau memeriksakan dirinya, dalam kegiatan program Iva yang diadakan pihak Puskesmas Labuhan Maringgai tersebut.

Dokter pelaksa kegiatan program Iva, Erwan mewakili Kepala Puskesmas Labuhan Maringgai menjelaskan kegiatan ini dalam rangka Gebyar Pemeriksaan deteksi dini mulut rahim atau kangker rahim, yang di programkan dinas kesehatan melalui program Iva.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk pemeriksaan tahap awal dan melihat ibu ibu usia yang masih subur dalam deteksi dini mulut rahim atau kangker rahim dan bisa dikatan kangker serviks, kasus kasus ini banyak dimiliki wanita yang berusia subur terinfeksi kangker rahim. “pemeriksaan ini dilakukan mulai sejak dini atau tahap awal dan bisa dipastikan deteksi adanya kangker rahim atau tidak ada.”tuturnya.

Untuk pesertanya sendiri kusus dari Desa Labuhan Maringgai, targetnya seluruh wanita yang berusia subur di Labuhan Maringgai terperiksa di program Iva, pada saat ini masyarakat belom pada paham, maka kita dari puskesmas melakukan penyuluhan pada masyarakat.

Lanjutnya Ia menghimbau para ibu ibu yang berusia subur dan sudah menikah dengan ketentuan pemeriksaan Iva, tentunya tidak lagi mentruansi atau tidak hamil harus antusias memeriksakan diri sejak dini atau awal di semua usia wanita yang masih subur,”pungkasnya. (erwan/red)