Ratusan Warga Padati Jalan Untuk Lihat kirab Budaya

1015

Lampung (bumi1.com) Ratusan warga berkumpul Dipinggir jalan dan lapangan ingin melihat Kirab budaya dan ikut serta meriahkan acara Hut Desa Pasir Sakti yang ke 42, Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur senin (1/10/2018).

Dalam acara tersebut dihadiri Kadis Pariwisata Almaturidi, Camat Pasir Sakti Titin Wahyuni yang diwakili Sekcem, Kapolsek Pasir Sakti, Kepala Desa setempat dan tamu undangan yang hadir.

Peserta kirab budaya di buka langsung oleh Kadis Pariwisata Almaturidi di dampingi Kepala Desa Pasir Sakti Suwarto, dengan jumlah peserta ratusan peserta kirab budaya, mulai setar dari Lapangan Pasir Sakti muter mengelilingi Jalan Lintas kembali lagi ke balai Desa Pasir Sakti Finisnya.

Kepala Dinas Pariwisata Almaturidi dalam sambutanya, even Hut Desa Pasir Sakti yang ke 42 ini juga dijadikan kalender wisata Lampung Timur atau kegiatan kegiatan yang positif,

Kegiatan seperti ini adalah kegiatan sejarah adat istiadat budaya yang sudah turun temurun dari nenek moyangnya sejak lama atau orang tua dulu, ” tutupnya.

Kepala Desa Pasir Sakti mengatakan acara ini merupakan HUT Desa Pasir Sakti yang ke 42. Dalam kirab budaya ini diadakan setiap tahunnya. Dan yang paling unik atau asik dalam acara ini pada saat selesai ijab kobul yaitu adanya gunungan yang diperebutkan oleh masyarakat, yang dimana bisa makan bersama hasil bumi yang ada dipasir sakti.”ungkapnya.

Ia berharap Mudah-mudahan kedepan kehidupan masyarakat lebih baik lagi dan prekonomian lebih meningkat , lebih aman, tentram dan lain sebagainya.’’ Alhamdulillah antusias masyarakat sangat besar. dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat sangat mendukung.” tuturnya.

Dalam karnaval atau kirab budaya yang diadakan oleh Desa Pasir Sakti, diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. seperti pendidikan, lembaga-lembaga bahkan hingga luar Desa.”pungkasnya. (erwan/red)