Warga Dusun V Desa Karang Anyar Adakan Kegiatan 1 Suro

1011

Lampung (bumi1.com) Warga Dusun v rt21 rw11 Desa Karang Anyar Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur adakan kegiatan selamatan dalam rangka 1 muharam atau istilah jawanya Bulan 1 suro bertempat di perempatan jalan raya Karang Anyar senin (10/9/2018).

Warga setempat terlihat sangat senang berkumpul di pinggir jalan atau perempat jalan raya Karang Anyar dalam rangka 1 muharam atau 1 suro dan membawa takir untuk dimakan bersama setelah diberikan doa, Tradisi seperti ini sudah berjalan turun temurun dari adat budaya jawa.

Panudi selaku orang yang ditetuakan di dusun tersebut sekaligus yang memberikan doa, menjelaskan kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahunnya atau setiap 1 suro bahasa jawanya, maksudnya orang jawa, bisa dikatakan adat istiadat turun temurun dan meminta keselamatan di dunia dan aherat kepada allah SWT.

Selain itu, karena lingkungan sekitar setempat meminta seperti ini, mudah mudahan yang bertempat tinggal di desa ini dalam keadaan sehat wal afiat tenang tidak ada suatu apapun selingkunganya, “ucapnya.

Sutarno warga Desa Karang Anyar dusun v rt21 rw11 menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memperingati 1 muharam atau bisa disebutkan dengan bahasa jawa bulan 1 suro,

Dengan tujuan selamatan di dusun tersebut, dengan cara warga sekitar dusun v membawa takir ramai ramai untuk di bawa keperempatan jalan dusun v tersebut

Selain itu, warga setelah berkumpul semua lalu berdoa bersama untuk minta keselamatan dan jauhkan dengan mara bahaya,murah rezeki dan subur makmur,

Tambahnya, kegiatan seperti satu muharam atau bulan 1 suro ini, diadakan setiap tahunnya. Setiap bulan 1suro, pungkanya. (erwan/red)