Dinas PP Dalduk Lamtim Berikan Pelatihan

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk (PP Dalduk) memberikan Diklat kepada para pendamping perlindungan perempuan dan anak dengan tema “Wujudkan Hukum yang Berkeadilan Bagi Perempuan dan Anak”, di Aula bawah gedung Pemkab Lampung Timur, senin (10/09/2018).

Dalam acara diklat tersebut dihadiri perwakilan Yayasan Advokasi Kelompok Rentan Anak dan Perempuan (AKRAP), Lembaga DAMAR, P2TP2A, LPAI Lampung Timur, PATBM Desa Sindang Anom dan perwakilan dari (Forum anak Daerah) FAD.

Diklat dibuka oleh Kepala Dinas PP Dalduk Farida Norma. Hadir sebagai narasumber Junaidi Psikolog RSUD Sukadana, Pratiwi Setyo Ningrum Jaksa Fungsional Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Lampung Timur dan Dipo Sianturi Kanit PPA Polres Lampung Timur.

Dalam sambutanya, Farida Norma menerangkan bahwa berangkat dari banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak serta kekerasan dalam hal pidana yang melibatkan anak sebagai pelaku menjadi perhatian khusus Dinas PP Dalduk Lampung Timur.

“walaupun sudah ada sanksi dan hukuman yang berat namun kekerasan seksual pada anak dan perempuan masih saja terjadi dan pelaku tidak punya efek jera, ” ujarnya.

Dengan diklat dan diskusi yang digelar Farida saat ini, ia berharap, bagaimana pendamping bisa melakukan pendampingan dari trauma dan lain lain. ” harapan saya semua pendamping memiliki persepsi yang sama dalam melakukan pendampingan,” Ungkapnya.

Pada kesempatan itu Junaidi (Psikolog) memberikan penjelasan tentang upaya pencegahan sex sejak dini dan tata cara pemulihan korban dari trauma, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Kepolisian Polres Lampung Timur dengan materi alur penanganan tindak pidana yang berkaitan dengan anak. Terakhir presentasi oleh Kejaksaan Negeri Lampung Timur yang menerangkan tentang alur upaya Diversi bagi anak berhadapan dengan Hukum (ABH). (Kabul)