AHRC Dan PK2TL Gelar Forum Silaturahmi Korban Talangsari

101 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Korban Talangsari Lampung yang tergabung dalam Paguyuban Keluarga dan Korban Talangsari Lampung (PK2TL) menggelar forum silaturahmi dan Penguatan korban Talangsari menjelang Pemilu dan Pilpres 2019, di Sekretariat PK2TL, Jl. Ir Sutami, Desa Sidorejo, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, pada kemaren sore (13/8/2018).

Forum Silaturahmi korban Talangsari selain bertujuan untuk menjaga silaturahmi antar sesama korban Talangsari juga membahas proses perjalanan advokasi kasus Talangsari yang sudah 29 tahun tetapi masih belum menemukan titik terang penyelesaian kasus Talangsari.

Forum tersebut dihadiri oleh Crisbiantoro, SH, LLM, perwakilan AHRC (ASIAN Human Rights Comission) untuk wilayah Indonesia dan mantan Komisioner Komnas Ham, Siti Norlaila.

Crisbiatoro dalam forum tersebut menyampaikan hambatan untuk penyelesaian kasus Talangsari, salahsatunya adalah political will pemerintah yang tidak mau menyelesaiakan kasus pelanggaran Ham berat Peristiwa Talangsari, “Kasus Talangsari ini sudah lama tetapi sampai hari ini kasus tersebut belum selesai karena tidak ada kemauan dari pemerintah untuk menyelesaikan kasus tersebut meskipun Komnas Ham sudah melakukan penyelidikan, dan malah justru pemerintah membuat kebijakan kebijakan baru yang berpotensi mengancam kebebasan korban seperti Undang undang baru tentang Terorisme”.

Siti Norlaila juga menjelaskan upaya yang pernah dilakukan pada saat menjadi Komisioner Komnas Ham, Komnas Ham pernah memanggil profesor atau ahli yang berpengalaman pernah menangani pengadilan Ham, “kita panggil para ahli yang pernah ikut dalam proses pengadilan Ham kita aja diskusi untuk mencari solusi terkait penyelesaian kasus Talangsari”. Namun demikian tambah Norlaila Komnas Ham tetap berupaya untuk melakukan sesuatu untuk korban Talangsari, salah satunya yaitu dengan mengeluarkan surat keterangan korban pelanggaran Ham berat kepada beberapa korban Talangsari, “Komnas Ham mengeluarkan Surat Keterangan Korban Pelanggaran Ham kepada beberapa korban Talangsari waktu itu,”pungkasnya. (Kabol)