Warga Lampung Tengah Padati Disnakertrans

1032

 Lampung (bumi1.com) Pasca hari raya idul fitri, Disnakertrans Lampung Tengah dibanjiri warga yang akan membuat kartu AK-1, yang dimana kartu tersebut sebagai syarat dalam lampiran surat lamaran/ permohonan kerja baik lokal maupun luar Kota.

Sekertaris disnakertrans Ahmad Dewangga mengatakan bahwa, usai hari raya idul fitri pembuat Kartu Kuning sangat ramai sekali Sampai hari ini sudah 1500 warga Lamteng tercatat,” katanya saat dikonfirmasi Selasa.(3/6/2018).

” Hampir warga yang membuat rata rata untuk melamar kerja di perusahaan ,ini sudah biasa kalau habis lebaran pasti ramai orang membuat kartu kuning. Kalau kita liat saat ini banyak juga anak SLTA  yang baru tamat sekolah membuat AK-1, kita perkiraan masih banyak yang buat.”ungkapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa, pihaknya terus siap melayani pembuatan AK-1, warga yang akan membuat diminta membawa persyaratan seperti KTP, Ijazah foto copy dilegalisir dan pas foto. Dan perlu dicatat dalam pembuatan AK-1 atau kartu kuning ini tidak dikenakan biaya atau gratis, kita tidak bisa menarik biaya karena tidak ada aturannya,” terangnya.

Dalam melamar kerja mayoritas mereka melamar keluar kota,pulau jawa masih menjadi faforit warga Lampung Tengah melamar kerja dengan alasan mereka rata rata ikut saudara yang sudah bekerja .”tambahnya.

Hanan warga Purnama Tunggal Way Pengubuan mengatakan bahwa membuat kartu kuning(AK1) untuk melamar kerja di Tanggerang,”saya baru lulus tahun ini mas dari SMK Poncowati,nanti ikut kakak disana,”ujarnya.

Secara formal, kartu ini disebut dengan AK-1. AK merupakan singkatan dari Antar Kerja dan bersifat resmi keluaran dari Disnaker yang ada di tiap kota dan kabupaten di Indonesia. Nanti, di kartu yang Anda dapatkan tercantum nomor pencari kerja, nomor kartu identitas atau KTP, dan legalisasi dari Disnaker setempat.(rudi)