Warga Bauh Gunung Sari Sambut Idhul Fitri Dengan Takbir Keliling

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, warga umat muslim Bauh Gunung Sari, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur menggelar pawai gema takbir keliling malam jum,at (14/6/2018).

Pawai gema takbir tersebut diikuti oleh 14 peserta dari mushola dan masjid sedesa Bauh Gunung Sari. Pawai dimeriahkan dengan alunan takbir dengan diiringi suara bedug dan drum band. Selain itu, masing-masing peserta juga saling unjuk kreasi. Peserta ada yang membuat kreasi yang menggambarkan Burung Ababil, Ka’bah, dan ada juga yang membuat masjid. Sedangkan untuk menentukan peserta terbaik panitia penyelenggara menempatkan juri dibeberapa titik untuk memberikan penilaian.

Adapun katagori juara dalam gema takbir tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu juara bedasarkan undian dipilih juara 1 sampai dengan juara 3, sedangkan juara bedasarkan penilaian kreasi juga akan dipilih juara 1 sampai dengan Juara 3 yang kemudian akan diumumkan dipenghujung acara tersebut.

Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Bauh Gunung Sari, Salamun saat diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan gema takbir merupakan kegiatan rutin dalam rangka untuk syiar Islam “Kegiatan ini adalah kegiatan rutin dalam rangka syiar Islam untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, harapan saya kegiatan ini akan terus diselenggarakan oleh generasi berikutnya”, ungkap Salamun.

Sedangkan Moryani warga Desa Bauh saat dimintai tanggapan terkait kegiatan gema takbir mengatakan kalau kegiatan gema takbir tahun ini agak berkurang pesertanya “tahun ini agak berkurang bila dibandingkan dengan tahun lalu” kata Moryani.

Pawai gema takbir merupakan kegiatan rutin umat muslim di Bauh Gunung Sari yang diselenggarakan setiap tahun dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. (Kabul)