PLT Bupati Lampung Tengah Buka TMMD Ke 101

102 Kali Dilihat

Lampung (bumi1.com) Plt. Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101, di Kampung Karangendah, Kecamatan Terbanggibesar, Rabu (4/4/2018).

TMMD merupakan lanjutan program ABRI Masuk Desa (AMD) yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI, departemen atau lembaga non departemen dan masyarakat. Prajurit TNI yang terlibat dari berbagai angkatan darat, laut dan udara serta jajaran Polri.

Loekman menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi budaya gotong royong yang telah mengakar di Indonesia. Melalui semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan untuk bersama-sama serta besatu padu membangun daerah masing-masing.
Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, belanegara dan disiplin nasional,”ujar Loekman.

TMMD merupakan program yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Mulai Sabang sampai Merauke, dan dilakukan secara berkelanjutan. TMMD ini merupakan operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan menjadi prioritas pemerintah. Selain mengedepankan kepentingan masyarakat, TMMD juga membutuhkan peran serta semua komponen,”imbuhnya.

Sementara, Komandan Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) Kolonel Kav. Erwin Djatniko mengatakan bahwa kegiatan TMMD menekankan pada hasil yang memaksimal dengan memberdayakan peran masyarkat. Makna TMMD itu sendiri, merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Kegaitan TMMD ini dimulai pada Rabu 4 April sampai 3 Mei mendatang,  dengan mengerahkan 150 personil TNI dan dibantu oleh ratusan masyarakat setempat. Nantinya personil kami akan tinggal dan bersama masyarakat sampai kegiatan ini selesai. Untuk konsumsi, sudah disediakan anggaran dan diberikan kepada pemilik rumah. Kalau kurang nanti ditambah, kalau lebih itu rezeki mereka,”ujar Danrem.

pihaknya berharap,  berlangsungnya kegitan TMMD ini tidak hanya mencapai sasaran fisik dan non fisik saja. Yang terpenting, adalah TNI dapat menjadi bagian dari masyarakat, dan anggota koramil yang ada di wilayah ini wajib membantu mengatasi kesulitan masyarakat.

Saya yakin animo masyarakat dalam kegiatan ini akan sangat luar biasa. Nantinya tidak hanya 300 warga yang ikut berpartisipasi, saya yakin akan lebih dari itu. Dengan demikian apa yang dilakukan TNI melalui TMMD semata-mata untuk lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat,”tegasnya.

Sedangkan, Dandim 0411 LT Letkol CZI Burhanudin yang juga komandan satgas menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung selama satu bulan ini akan menyasar beberapa bidang. Diantaranya, pembuatan badan jalan 6×1.000 meter, penimbunan badan jalan sebanyak 1.200 meter, pengerasan badan jalan 3×2.000 meter, pembuatan gorong-gorong dan bedah rumah sebanyak 8 unit.
Untuk sasaran non fisik, yakni penyuluhan wawasan kebangsaan, pembekalan pembinaan mental, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan hukum serta penyuluhan KB dan kesehatan. Ada juga penyuluhan jambanisasi, penyuluhan UPSUS, penyuluhan kehutanan dan penyuluhan peningkatan SDM pemuda dan kelembagaan sosial,”tegasnya.

Pembukaan TMMD ke 101 ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Lamteng Hi. Ahmad Junaidi Sunardi, AKBP Yosep Arpan mewakili Kapolda Lampung, Kapolres Lamteng AKBP Slamet Wahyudi dan jajaranya pejabat Pemkab Lamteng (LUPSUS/ADV)