Panen Perdana Padi Desa Karang Anyar Diawali Ketua DPRD Lamtim

1018

Lampung (bumi1.com) Ketua DPRD Lampung Timur, Ali Johan Arif hadir diacara panen perdana padi MSP bantuan bibit padi dari PDI perjuangan di Desa Karang Anyar Kecamatan Labuhan Maringgai, Minggu (15/4/2018)

Dalam acara panen perdana hadir ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif didampingi Sekjen DPD PDI perjuangan Provinsi Lampung Mingrum Gumay , Kepala Desa Karang Anyar diwakili kepala trantib sudajir, Mentri pengairan waycurup Lasio, Ketua gaboktan berikut anggotanya,

Panen perdana padi MSP ini dilakukan di persawahan Desa Karang Anyar kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur.

Dalam dialognya di persawahan Desa Karang Anyar, ketua DPRD Lamtim  langsung menuju lokasi/lahan tempat panen perdana padi MSP dengan menaiki kendaraan motor menuju lokasi, karena mobil tidak bisa masuk lokasi.

Ia menjelaskan, pada tahun ini program pemerintah melalui presiden republik Indonesia pak Jokowi program pertanian akan didaftarkan asuransi bidang pertanian, selain itu, “melalui programnya pak Jokowi tentang program pertanian tahun ini akan lebih banyak adanya bantuan untuk pertanian supaya bisa membantu para petani.

Tahun ini dinas pertanian kemungkinan besar masih mengadakan lelang, bahwa bantuan tahun ini akan menerima 12 hentraktro, ucapnya ketua DPRD Lamtim diacara panen perdana padi.

“Ini bukan kampanye pak ya. ini program kerja ketua DPRD Lamtim dalam rangka panen perdana padi MSP bantuan bibit dari PDI perjuangan. Kedepan mulai hentraktor, bibit padi, mesin panen padi, mudah mudahan akan dianggarkan.

“Jadi kita lihat hari ini kita memasuki panen perdana padi MSP dan ini yang kita nanti-nantikan.  meyakinkan hari ini bahwa panen sudah masuk memulai panen perdana,”ucapnya Ketua DPRD Lamtim.

Ali Johan Arif menjelaskan, panen padi MSP bibit bantuan dari PDI perjuangan kali ini dilakukan di lahan seluas satu hektar. Dari situ, padi yang bisa dipanen mencapai sekitar 7 – 10 ton kalau bagus kuwalitasnya.

Sekjen DPD PDI perjuangan provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan saya berkunjung disini dalam rangka kedaulatan pangan dan ini hasil pengembangan dari partai. sudah beberapa kali dicoba, kebetulan didesa Karang Anyar baru kali ini maka dinamakan panen perdana padi MSP, ” ucapnya.

bibit padi MSP ini tidak perlu butuh air yang cukup banyak.kalau padi yang lain penyerapan airnya cukup banyak. selain itu pupuk sangat hemat dan ini menjadikan padi MSP ini keunggulanya,”pungkasnya.

Gede suwartiyase Anggota PDI Perjuangan menjelaskan sudah kami bina kelompok tani dikecamatan Labuhan Maringgai ada dua kelompok di Desa karang Anyar dan Desa karyamakmur, kemudian kelompok petani targetnya nanti, petani di kecamatan Labuhan Maringgai akan kita bina semua,” ucapnya.

Dari 20 kelompok petani yang sudah sehat itu sekitar 7 kelompok, untuk mengikuti panen perdana padi MSP dari kelompok barokah satu, karena bibitnya Cuman dapat 10 kg dan ini dijadikan uji coba dalam 1 hektarnya.

Harapanya, kalau panen perdana padi MSP kuwalitasnya bagus atau memuaskan akan kita kembangkan lagi dan ini akan memiliki nilai tambah bagi para petani kushusnya kelompok petani barokah satu. yang ada di Desa Karang Anyar,”pungkasnya Gede.(Erwan/red)