Mahasiswa KKN Dari IAIN Metro,Di Desa Maringgai Sangat Membantu

102 Kali Dilihat

Lampung ( bumi1. Com) Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa (Institut Agama Islam Negeri) IAIN Metro sangat membantu masyarakat Desa Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Berbagai program dilaksanakan oleh mahasiswa  KKN itu. Antara lain pembuatan plang jalan, pembentukan organisasi risma, penyuluhan narkoba, penyuluhan pendidikan, serta berbagai aktifitas keagamaan lainya.

Harri Kurniawan selaku ketua KKN mengatakan, kami dari IAIN yang berbasis agama progja unggulan kami yaitu membentuk risma se Desa Maringgai walaupun risma sudah ada di setiap dusun tapi kami ingin ada risma yang atas nama desa bukan dusun karena untuk mempersatukan risma antar dusun juga.”tuturnya.

Ari sapaan akrab Harri Kurniawan mengatakan di Desa Maringgai terdiri dari 6 dusun, yang memiliki latar belakang suku berbeda beda sehingga mahasiswa berupaya menyatukan risma itu agar masyarakat bisa bersatu.

“Susah senang kami rasakan 12 orang ini 40 hari yang tadinya kami tidak kenal sama sekali menjadi sosok sahabat yang begitu erat bagi kami,” ujarnya.

Menurutnya targetnya yaitu pemuda disana yang memberi tahu gaimna buruknya kenakalan remaja dan narkoba serta dampak sex bebas.

“Progja unggulan kami selain mengajar ngaji kami juga melokasikan TBA (taman baca anak) yang inisiatif kami sudah direncanakan dari rumah bahwa kami 12 orang membawa buku anak-anak untuk kami buka taman baca anak di desa tersebut,” ujar Ari.

Kehadiran peserta KKN di Desa Maringgai selama Januari hingga Februari itu mendapat respon positif dari masyarakat. Kepala Desa Maringgai Anggi Ria dan para pamong juga mengatakan merasa terbantu dengan kehadiran para mahasiswa.”tegasnya.(erwan/red)