Pelepasan Peserta Pawai Paguyuban Banyuwangi Desa Karya Makmur

102 Kali Dilihat

Lampung ( bumi1.Com) Warga desa karya Makmur kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, gelar Paguyuban wetanan Banyuwangi.yang dimana acara tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW. Yang dilaksanakan pada minggu 3 desember 2017 bertempat dihalaman saryo dusun 3 desa setempat.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh kepala desa setempat, babinkamtipmas dan tokoh masyarakat desa setempat.

Acara tersebut berlangsung meriah dan masyarakat desa semangat saat melihat arak -arakan pawai budaya karnaval yang disuguhkan paguyuban Banyuwangi desa setempat.

Adapun pencramah di isi oleh Fahimul Fuad selaku pembimbing dari pondok pesantren Mishazul Tolab Way Jepara. dengan tema memperingati maulid nabi Saw, yang diadakan oleh paguyuban Banyuwangi atau solidaritas orang Banyuwangi yang menetap diLampung khususnya.

Sunaryo mendel warga desa karya Makmur menuturkan, kegiatan tersebut dijadikan tradisi budaya yang turun temurun orang Banyuwangi yang sudah menetap diLampung.” Ucapnya

“ia pun mengatakan, kegiatan Maulid Nabi diadakan setiap tahun sekali dan tempatnya berpindah pindah tidak menetap, tergantung anggota mana yang mau ketempatan acara tersebut.

“Kegiatan paguyuban Banyuwangi dalam menyambut maulid nabi saw sudah berjalan 2 tahun, ia berharap dengan adanya paguwuban Banyuwangi ini akan menambah erat tali silaturahmi antar umat beragama dari desa satu kedesa yang lainnya.”pungkasnya

“Atas Tersenggaranya kegiatan ini, berkat dukungan para anggota paguwuban Banyuwangi yang berasal dari Jawa Timur yang menetap di Lampung.” tambahnya.

“Nanang wahono Kepala desa setempat mendukung penuh adanya kegiatan yang positif dan ini patut dicontoh karena memperingati maulid nabi saw.” ucapnya

“Tradisi ini berasal dari Jawa Timur daerah Banyuwangi dan diteruskan  oleh paguwuban Banyuwangi warga desa karya Makmur dan yang mendukung kegiatan paguwuban Banyuwangi adalah desa karya Makmur, desa Bandar Negeri, desa Nibung dan Desa Karyatani.

Panitia penyelenggara  kegiatan paguyuban Banyuwangi H. Hadi Siswoyo menuturkan.” kegiatan ini dalam rangka angenda tahunan dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi, dan mempunyai keinginan atau tujuan  mempersatukan kita yang hidup dilampung. terdiri dari berbagai golongan suku agama dan untuk menciptakan kesatuan didalam menjalankan agama yang berdamai dan berjalan lancar.

“Kegiatan ini dinamakan paguwuban Banyuwangi yang berasal dari daerah Jawa Timur. kalau dijawa terkenalnya budaya o,seng.”jelas panitia.(erwan/red)