Uji Tes Tertulis Bagi Para Calon Kepala Desa

103 Kali Dilihat

Lampung (bumi1.Com) Bupati Lampung Timur yang diwakili Seketaris Daerah Kabupaten lampung Timur Syahrudin Putera membuka Tes tertulis Bakal Calon Kepala Desa Kabupaten Lampung Timur 2017 diselengarakan di gedung pusiban lampung Timur Kamis (23/11/2017)

Dalam acara tersebut dihadiri sekda Lamtim Syahrudin Putera, Kadis PMD syahrulsyah, kabag umum dan asisten 1

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa bertujuan untuk menghasilkan Kepala Desa Terpilih yang berkualitas dan sesuai harapan masyarakat, Pemilihan Kepala Desa sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintahan Desa sesuai kebutuhan masyarakat.

Kepala Desa sebagai pimpinan penyelenggaraan Pemerintahan Desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil, makmur, sejahtera lahir dan batin.

Dalam mengikuti uji tes tertulis bakal calon kepala desa yang merupakan amanat dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku. apabila jumlah bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan administrasi lebih dari 5 (lima) orang maka dilakukan seleksi tambahan berupa penilaian atas pengalaman kerja dibidang pemerintahan desa, usia dan tingkat pendidikan yang dilakukan oleh panitia pemilihan di desa masing-masing,Serta tes tertulis yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan kabupaten.

Tes tertulis bagi calon kepala desa berupa ujian tentang pengetahuan Undang2,Pancasila,Pengathuan umum,Produk hukum desa,dan Pengetahun adat istiadat kab.lampung timur.

dalam kesempatanya Seketais daerah Lamtim menyampaikan “sesungguhnya Pilkades itu bukan kalah bukan menang,Pilkades itu adalah sebuah proses untuk mencari pemimpin yang presentatif untuk mengemban amanat masyarakat dan yang menang adalah masyarakat di desa itu yang mampu melaksanakan proses demokrasi yang baik dan mengantarkan cara pergantian kepemimpinan secara wajar di desa itu” tegasnya kepada para peserta yang mengikuti tes tertulis pemilihan kepala desa.(erwan/red)