Bupati Lamtim Terima Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API)

1019

Tanggrang (Bumi1.com)- Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mendapat penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) Tahun 2017, dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di International Convention Exhibition (ICE) Hall, Jl. BSD Grand Boulevard Raya No.1 BSD City, Tangeran-Banten, Kamis malam (23/11/2017).

Bupati Chusnuni mendapat penghargaan tersebut sebagai pihak eksternal atau pemerintah yang telah menunjukan dedikasinya dalam upaya memajukan pendidikan Islam di Lampung Timur. Salah satunya yaitu berkat upaya gigihnya dalam mewujudkan berdirinya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Desa Rajabasa Lama 1 Kecamatan Labuan Ratu Kabupaten Lampung Timur yang telah dilakukan peletakkan batu pertama pada akhir September 2017 lalu.

Penghargaan API tersebut diberikan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin kepada Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim bersama dengan Gubernur Kalimatan Timur, Awang Faroek, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzanul Ulum, Bupati Bangka Tengah, Ibu Saleh dan puluhan orang lainnya yang merupakan salah satu sosok peraih penghargaan tersebut.

Adapun penghargaan API tersebut diberikan kepada dua kategori yaitu internal dan ekternal. Pihak internal adalah para guru dan tenaga kependidikan madrasah berprestasi, guru PAI pada PTU berprestasi, siswa madrasah berprestasi, para pemenang lomba komik dan kartun strip pada pondok pesantren serta mahasiswa dan perguruan tinggi Islam berprestasi. Sedangkan untuk pihak eksternal antara lain dari pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, negara sahabat, media massa, dunia usaha dan industri, tokoh NKRI serta lembaga mitra direktorat setelah melalui berbagai proses seleksi, verifikasi, afirmasi dan penjurian oleh tim independen dan internal Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Pihak Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan Islam dalam konferensi persnya menjelaskan, “berdasarkan indikator indikator pembangunan pendidikan, kemajuan tercermin secara jelas, terutama pada peningkatan angka partisipasi penduduk usia sekolah yang mendapatkan layanan pada satuan satuan pendidikan Islam, sehingga kontribusi pendidikan Islam dalam pencerdasan masyarakat dan pembangunan bangsa adalah fakta yang sangat terukur dewasa ini”. (Kabul).