Dinas PP Dalduk Bersama Akrab Gelar Nobar Rembuk Desa

100 Kali Dilihat

 

Lampung (Bumi1.com)  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Lampung Timur bersama dengan Yayasan Advokasi Kelompok Rentan Anak dan Perempuan, Komunitas Repost melakukan kegiatan Rembuk Desa menuju Desa ramah Anak di SDN III Raman Fajar, Desa Raman Fajar, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur,  Kamis (9/11/2017).

Kegiatan rembuk desa dan nonton bareng tersebut adalah tindak lanjut dari pencanangan Kabupaten Lampung Timur menuju Kabupaten Layak Anak. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Hari Selasa dan Kamis, di 26 Desa ramah anak sesuai jadwal. Kegiatan rembuk desa bertujuan untuk menggali atau mengidentifikasi permasalahan permasalahan yang ada di desa tersebut. Selain rembuk desa kegiatan diisi dengan nonton bareng Film Laskar Pelangi dengan tujuan memberikan contoh dan menggambarkan kepada anak-anak agar mereka positive memandang hidup.

Jika dilihat dari fasilitas di Desa Raman Fajar, fasilitas di desa tersebut sudah baik, fasilitas kesehatan, olah raga, pendidikan, kesenian, organisasi kepemudaan dan lain lain. Desa tersebut juga sedang merencanakan tempat bermain jika pengajuannya disetujui.

Dari rembuk desa tersebut, salah seorang warga berkeingan untuk membuat semacam rumah baca di Desa Raman Fajar, namun terkendala dengan keterbatasan informasi untuk mengakses bantuan buku buku dan tempat untuk dijadikan rumah baca tersebut.

Kabid PHP dan PKA Meilamadya Chandra.SH.MM dalam sambutan pengantar rembuk desa menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Desa Ramah Anak harus terpenuhi hak-hak anak. Dan itu merupakan tanggung jawab kita semua dan juga di butuhkan sinergitas dari semua pihak.

Rembuk Desa dan Nobar di Desa Raman Fajar tersebut di hadiri oleh Camat Raman Utara, Kepala Desa Raman Fajar beserta perangkat desa, warga perwakilan dari tiap dusun, Bidan desa, Petugas kesehatan dari puskesmas setempat, Kepala Sekolah SDN III Raman Fajar beserta para guru dan murid SDN.III Raman Fajar. (Kabul)