Menelisik Keunikan Wisata Sumur Tuju, Sukaraja Lampung Timur

1026

Lampung (Bumi1.com) kabupaten Lampung Timur bisa dikatakan sebagai daerah yang banyak memiliki pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun sayangnya selama ini hanya tempat-tempat wisata tertentu yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Padahal, masih banyak tempat-tempat wisata di Lampung Timur ini yang jarang dikunjungi oleh wisatawan karena tempat tersebut belum begitu dikenal. Salah satu tempat wisata yang luput dari incaran para penikmat wisata Sumur Tuju. Wisata Sumur Tuju ini terletak di Desa Sukaraja, Kecamatan Marga Tiga, kab,Lampung Timur, dan menyimpan keunikan pesona keindahan yang layak untuk dinikmati para wisatawan dari berbagai daerah khusunya lampung timur.

Lokasi Sumur Tuju

Keunikan Sumur Tuju ini berbeda dengan tempat wisata yang lain, ditempat ini terdapat tuju sumur yang airnya tidak pernah kering meski musim kemarau panjang sekalipun. Menurut keterangan warga sekitar ketuju sumur tersebut sudah ada dari zaman dahulu, awalnya tempat tersebut banyak ditumbuhi pohon-pohon besar dan dibawahnya terdapar tuju lubang sumur, lalu kemudian sekitar tahun 2013 mulai dibangun oleh pihak desa, dan pembangunanya pun tidak merubah keaslian Sumur Tuju tersebut.

Sumur Tuju memiliki keunikan tuju sumurnya, tempat ini juga bersih dan sangat sejuk karena disekitar tempat tersebut masih banyak ditumbuhi pohon besar dan banyak pohon bambu. Meskipun tidak ada petugas kebersihan tapi tempat ini selalu bersih karena warga sekitar secara kolektif dan bergiliran membersihkan Sumur Tuju ini. Selain menjadi tempat wisata, beberapa warga sekitar juga memanfaatkan Sumur ini untuk mandi dan menggunakan air sumur ini untuk kebutuhan lainnya seperti mencuci dan lain lain. Bahkan ada yang mempercayai air dari ke tuju sumur ini bisa digunakan untuk hal hal yang bersifat spirirual.

Lokasi wisata Tuju Sumur ini sangat mudah dijangkau, hanya berjarak 22 Km dari Komplek perkantoran Pemkab Lampung Timur, atau bisa ditempuh dengan jarak waktu sekitar 35 menit. Sedangkan dari jalan raya masuk menuju tempat lokasi hanya berjarak 200 M sehingga tidak ada hambatan untuk menuju lokasi Sumur Tuju.
Haryono salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi Sumur Tuju menjelaskan “sejak saya masih kecil sampai sekarang air di sumur ini tidak pernah kering walaupun musim kemau panjang tidak pernah kering, tempat nya bersih, sejuk karena banyak pohon disekitar tempat ini. Tapi sayangnya tempat ini belum ramai di kunjungi mungkin karena belum sangat terkenal, yang datang kesini hanya beberapa orang saja itupun orang dari jauh seperti mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian ditempat ini dan kadang ada orang datang mengambil air dari tuju sumur ini katanya untuk keperluan pengobatan”

Para wisatawan Lampung, jika mendengar Sumur Tuju tempat wisata di Lampung Timur ini mungkin sudah tidak begitu asing lagi, tapi karena tempat ini kurang begitu terkenal ahirnya banyak yang belum mengetahui tempat wisata ini. Padahal, keunikan dan keindahan Sumur Tuju ini tidak kalah menarik dengan tempat tempat wisata yang lainnya.

Jika anda ingin menikmati keindahan di Lampung Timur, jangan lupa untuk melihat Sumur Tuju. Selain unik, indah dan sejuk berwisata ke Sumur Tuju sangat menghemat biaya karena tidak dipungut biaya masuk sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan. Maka sudah sepatutnya tempat Wisata Sumur Tuju ini menjadi salah satu referensi untuk traveling.(LIPSUS/ADV)