Canangkan Kabupaten Layak Anak, Chusnunia Terima Penghargaan

100 Kali Dilihat

 

Lampung (Bumi1.com)  Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mendapat penghargaan sebagai Inisiator Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Pemberian penghargaan tersebut dirangkai dengan Deklarasi Pencanangan Kabupaten Lampung Timur Menuju Kabupaten Layak Anak yang diselenggarakan pada Rabu (18/10) di Gedung Pusiban Sukadana.

Dalam sambutannya Bupati Chusnunia mengajak semua masyarakat bersama-sama mewujudkan Lampung Timur Layak anak, mendukung anak Lampung Timur untuk berkreasi dan berprestasi karena perlindungan anak adalah tanggung jawab kita semua “mari kita bersama wujudkan Lampung Timur Layak Anak, dan mari kita dukung anak untuk berkreasi dan berprestasi”.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Lenny Nurhayanti Rosalin, dalam kesempatan tersebut mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyatakan ada 24 indikator untuk menjadi kabupaten atau kota layak anak, beberapa diantaranya yaitu anak harus mempunyai akta, adanya informasi positif yang bisa dikonsumsi oleh anak, adanya partisipasi anak (forum anak).

Lampung Timur adalah kabupaten yang ke 328 yang mencanangkan sebagai kabupaten layak anak yang setiap tahunnya harus melaporkan perkembangan layak anak “Lampung Timur sudah ada beberapa indikator untuk menjadi kabupaten layak anak, dengan pencanangan kabupaten layak anak di Lampung Timur  berarti sudah ada 328 kabupaten yang mencanakan sebagai kabupaten layak anak, dan kedepan Lampung Timur sudah harus melaporkan perkembangan layak anak setiap tahunnya”.

Acara Deklarasi Pencanangan menuju Kabupaten Layak Anak tersebut dibarengi dengan Festival Anak Daerah Lampung Timur. Festival anak diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya layanan pembuatan akta kelahiran secara geratis, lomba mewarnai, doorprize dan dimeriahkan dengan drama seni tari anak dari Kecamatan Pasir Sakti. Acara diahiri dengan penandatangan prasasti Pencanangan Kabupaten Layak Anak, penandatanganan dukungan Kabupaten Layak Anak dan penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian PPA, serta penyerahan akte kelahiran kepada anak secara simbolik. (Kabul)