Masyarakat Jogja Ditahun Baru Islam Sambut Dengan Meriah

100 Kali Dilihat

Jawa tengah (bumi1.com) Dalam menyabut tahun baru Islam1439 Hitjrah masyarakat Jogja Jawa Tengah, (Jateng).di sekitaran wilayah pantai goa cemara mengelar karnapal yang di gelar di pantai goa cemara. acara tersebut berlangsung disetiap tahunnya dalam menyambut Tahun baru islam sebagai tradisi leluhur warga sekitar.

Adapun  pada acara tersebut  di ikuti oleh masyarakat jogja dan pengunjung pantai goa cemara pada hari kamis, (21/9/2017).

Tradisi inti pada acara peringatan tersebut diawali  dengan melepaskan hasil bumi masyarakat jogja yang telah di rangkai berbentuk tumpeng dan  seekor kambing untuk di lepaskan di laut yang merupakan bentuk rasa syukur masyarakat jogja yang terletak di pinggiran laut di pantai goa cemara agar para petani dan nelayan kedepan dapat mendapat hasil tani dan nelayan  akan lebih baik lagi.

salah satu masyarakat saat dijumpai menuturkan bahwa masyarakat Jogja khususnya, setiap menyambut tahun baru islam 1439 hitjrah di pantai goa cemara selalu mengadakan berbagai rangkaiyan acara karnaval dan melepaskan hasil bumi yang telah di rangkai berbentuk tumpeng dan seekor kambing dan nasi tumpeng untuk di lepaskan di laut dan ini bentuk rasa sukur masyarakat jogja yang berada di pinggir laut pantai goa cemara.

” Setiap tahun acara peringatan ini selalu berlangsung dengan meriah dan di ikuti oleh masyarakat jogja dan pengunjung pantai goa cemara yang datang dari bermacam arah ada yang datang dari lampung dan  lainya.” ungkap salah satu warga.(tim)