Warga Desa Bauh Gunung Sari Meriahkan Tahun Baru Islam

102 Kali Dilihat

 

Lampung (Bumi1.com) warga Desa Bauh Gunung Sari setiap 1 Muharam, merayakan tahun baru islam 1439 Hijriyah dengan beragam tradisi atau ritual.

Tentunya tiap daerah memiliki tradisi yang berbeda beda dalam menyambut 1 Muharram. Desa Bauh Gunung Sari Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Umat Muslim sambut 1 Muharram 1439 Hijriyah dengan menggelar serangkaian acara bertajuk. “Gebyar Pentas Seni Shalawat Serta Santunan Anak Yatim”.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman dan ketakwaan serta rasa sosial kepada anak yatim. Acara tersebut diselenggarakan pada Rabu (20/9/2017).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut yaitu, lomba seni shalawat diikuti oleh 28 kelompok seni shalawat se Desa Bauh Gunung Sari yang di bagi menjadi dua kategori.

meliputi kategori anak dan dewasa kemudian dinilai oleh dewan juri untuk dipilih menjadi juara satu sampai dengan juara harapan lima. Bagi kelompok yang menjadi juara akan mendapatkan tropi piala serta hadiah yang akan diserahkan di sesi akhir, rangkaian acara bersamaan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Musholi menjelaskan, kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin tahunan umat muslim warga Desa Bauh Gunung Sari.

Dia berharap,” kegiatan ini akan terus diselenggarakan dan kedepan bisa lebih maju.” ujar Musholi.

Sudah sepuluh tahunan lebih, warga Desa Bauh Gunung Sari menggelar kegiatan rutin gebyar pentas seni shalawat dan memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin. Perhelatan diselenggarakan secara bergiliran di masjid dan mushola setiap tahun. (Kabul)