UPTD Puskesmas Labuhan Maringgai Adakan Vaksinasi Pada Satgas TMMD-110

0
64

Lampung (Bumi1.com) Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Labuhan Maringgai mangadakan Vaksinasi Covid-19 kepada tim Satgas TMMD-110 tahun 2021 Kodim 0429/ Lamtim di Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Sabtu (13/03/2021).

Kepala UPTD Puskesmas Labuhan Maringgai Retno kepada Bumi1.com mengatakan hari kita melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan multi dosis Sinovac kepada 75 personil tim Satgas TMMD tahun 2021 dan 5 aparatur Desa Sukorahayu, tepatnya di posko TMMD-110 tahun 2021 Kodim 0429/Lampung Timur.

Tujuan dan manfaat Vaksin Covid-19 ini yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh pada saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok.

“Sehingga sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B jika ada yang cocok, lalu sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. ” Yang jelas untuk mencegah terkena virus Covid-19 dan manfaat vaksin Covid-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. “Kata Retno pada Jum,at (12/03) kemarin.

Lanjut Retno, suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin yakni agar tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2 dan menghentikan virus, manfaat vaksin Covid-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh.

Menurutnya, juga bisa melindungi orang-orang di sekitar kita jika kita menerima vaksin Sinovak ,otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus Covid-19 yang akan membantu mengurangi penyebaran Corona.” Ucap kepala UPTD Puskesmas Labuhan Maringgai dalam keteranganya kepada Bumi1.com.

Sebelum dilakukan vaksin para personil TNI dan aparatur Pemerintahan Desa dilakukan pemeriksaan dan screening untuk kesehatannya terlebih dahulu oleh petugas setempat. Setelah itu dilakukan vaksin oleh personil TNI dan aparat Desa serta disarankan istirah selama 15 menit.

Retno menjelaskan, Vaksinasi Covid -19 ini direncanakan akan dilakukan secara terhadap keelmen masyarakat, dan diharapkan masyarakat agar tidak khawatir dan takut untuk di vaksin karena vaksin sudah terbukti aman. “Pesanya.

Biarpun sudah divaksinasi kami meminta kepada para personil TNI dan aparat Desa, juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes) dan terapkan 5 M yakni memakai masker,mencuci tangan dengan sabun diair mengalir,menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. “Pungkasnya. (Roni)