Dinkes Kota Metro Terapkan Program Rapid Test

0
12

Lampung (Bumi1.com) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro akan menerapkan program rapid test antigen gratis bagi para Ibu-ibu hamil yang hendak mendekati melahirkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro Redho Akbar, kepada Bumi1.com pada Kamis (04/03/2021).

Redho Akbar mengatakan bahwa untuk ibu hamil yang hendak melahirkan dilakukan tiga tahap pemeriksaan yakni, tes HIV, tes Hepatitis, dan tes sipilis, namun di masa pandemi Covid-19 ini Dinkes Kota Metro akan melakukan rapid test antigen.

“Di masa pandemi Covid-19 ini langkah terbarunya akan menyediakan pelayanan rapid test antigen bagi ibu hamil,” Ujarnya.

Redho menjelaskan, bahwa ibu hamil nanti akan dilakukan pemeriksaan antigen atau antibodi, dan nantinya pelayanan itu tidak hanya bagi pasien terkonfirmasi positif saja.

“Untuk biaya rapid antigen bagi ibu hamil nantinya secara gratis, pihaknya juga sudah mengajukan ke Pemkot Metro untuk pengadaan antigen,” Katanya.

Redho menambahkan untuk teknisnya nanti bisa dilakukan di Puskesmas, RS, atau klinik bidan melahirkan mandiri. “Jika nanti dari rapid antigen nya hasilnya positif, maka akan di rujuk ke rumah sakit, dan harus melahirkan di rumah sakit, tidak bisa di bidan lagi. Ini berlaku di semua rumah sakit serta klinik bidan melahirkan,” Tutupnya.(Ari)