Pimpinan LKP Gama Course Beberkan Realisasi Program PKW 2020

0
65

Lampung (Bumi1.com) Pimpinan Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Gama Course yang beralamat di Desa Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur saat di temui Bumi1.com dikantornya menjelaskan realisasi Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2020 yang sudah dilaksanakan untuk berbagai kegiatan, Rabu (23/09/2020).

Pimpinan Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Gama Course Sudarsih,S.Pd saat dikonfirmasi terkait realisasi program PKW dari Dikjen Dipa tahun 2020 mengatakan kami sudah merealisasikan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) pada peserta melalui Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Gama yang saya pimpin di Desa Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur.

“Jadi Program Kecakapan Wirausaha itu dari Kementrian Pendidikan yang diberikan kepercayaan kepada lembaga kami yaitu Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Gama Course pada tahun 2020. Kami telah mendapatkan amanah sebanyak 15 orang anak dengan besaran biaayanya program itu Rp.6.000.000 per, anak dan realisasinya sudah ada dalam juknisnya.

Lanjutnya, untuk tahun ini kami laksanakan program teknik komputer dan jaringan, kemudian kami tambah dengan wirausaha dengan ada sablon dan alhamdulillah sudah berjalan 25%. Pelaksanaannya kita laksanakan dari tanggal 13 Agustus 2020 ini.”Kata Sudarsih saat memberikan penjelasan pada Bumi1.com diruang kerjanya.

“Kemudian, karna disuasana pandemik Covid-19 ini seharusnya tidak boleh tatap muka tetapi kami paksakan karna anak-anakkan sudah daptar cukup lama, jadi untuk anak-anak yang masuk itu sudah daptar lama dan akhirnya kami adakan tatap muka.

Selanjutnya, setelah satu Minggu kami laksanakan kegiatan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) namun kami dapat teguran, akhirnya kami pending kemudian berjalan lagi dua Minggu setelah itu ada kabar berita salah satu warga Lampung Timur terpapar kasus Covid-19 dan ada beberapa hari off atau terhenti dulu kegiatanya.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama 200 jam, dalam 200 jam itu kita bagi termin dalam satu harinya ada 6 jam, 4 sampai 6 jam itu kita laksanakan untuk prakteknya dan itu tidak dilaksanakan dalam setiap harinya karena hari Minggunnya kita libur, untuk pesertanya sendiri anak-anak dari Kabupaten Lampung Timur, khususnya Kecamatan Gunung Pelindung.

Menurutnya, program yang direalisasikan 10 % untuk manejemen, kemudian 40% untuk pelaksanaan dan 50% untuk rintisan usaha. Jadi pointnya yang 50% itu adalah kita berikan nanti berupa pendampingan wirausaha setelah melakukan program lagi.”Jelasnya.

Sudarsih menambahkan, “Jadi mereka belajar dulu selama kurang lebih 200 jam dengan berbagai program, baik itu pendidikan karakter, ketrampilanya yang sesuai dengan bidang -bidang yang kita ajarkan, setelah itu nanti kita dampingi wirausahanya jadi Program Kecakapan Wirausaha (PKW) itu seperti itu. “Paparanya.

Adanya program PKW ini sangat bagus sekali untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu. Karna dengan adanya program ini bukannya gratis menurut kami tetapi untuk menaikkan motivasi anak-anak itu sendiri bahwa program ini berbayar tetapi yang membayar Negara jadi tidak gratis gitu, jadi mereka harus benar-benar mengikuti kegiatan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) dengan serius.

Harapan kami dengan adanya Program Kecakapan Wirausaha (PKW) yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan untuk anak-anak kita agar bisa nantinya mencetak para wirausaha atau wirausahawan yang sukses di Kabupaten Lampung Timur dan juga nantinya bisa membuka lapangan kerja baru untuk anak-anak didik di LKP Gama Course.”Harapnya.(Roni)