Korban Tenggelam Di Pantai Kerangmas Membaik

0
1201

Lampung (Bumi1.com) Obyek Wisata Pantai Kerangmas tempatnya di Desa Muara Gadingmas Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur pada Senin kemaren hampir menelan korban jiwa, satu orang anak yang bernama Bagus Nawawi berumur 8 tahun saat mandi di laut Pantai Kerangmas yang terhempas ombak laut, Selasa (15/09/2020).

Beruntung korban masih bisa terselamatkan, paska terhempas ombak laut Pantai Kerangmas korban saat ini masih dirawat di rumah sakit RS Aka Medika Sribhawono Lampung Timur untuk mendapatkan perawatan kesehatan kondisinya.

Sabihi Alhanafi orang tua korban Bagus Nawawi warga Desa Tulung Pasik saat dikonfirmasi paska anaknya tenggelam di Objek Wisata Pantai Kerangmas mengatakan anak saya mandi dilaut Pantai Kerangmas pada pukul 13:00 wib disiang hari. Malam ini kita langsung bawa ke Rs.Aka Medika untuk yang kedua kalinya, pertolongan yang pertama dibawa ke Dr.Riyani yang ada di Cirebon Baru kemudian sorenya saya bawa pulang.

Lanjut Sabihi, setelah melihat perkembangan obatnya tidak ada perkembangan, dan milihat kondisi anak saya malam ini semakin sesak nafasnya. Kami sekeluarga kwatir, maka langsung kita bawa ke Rs.Aka Medika Sribhawono, alhamdulillah setelah di bawa ke rumah sakit anak saya saat ini sudah terasa membaik nafasnya namun masih batuk-batuk saja, “Kata Sabihi saat memberikan penjelasan pada Bumi1.com.

“Saya selaku orangtua Bagus Nawawi korban tenggelam, setelah terjadi musibah yang menimpa pada anak saya siang hari tadi, saya berharap jangan sampai terulang kembali untuk yang lainnya kususnya pada para pengunjung atau anak-anak lainnya. Mungkin anak saya kalau tidak ada orang yang sedang berenang dipantai dan menolong anak saya kemungkinan anak saya “WuAllahuAlam.”Jelas Sabihi.

Sabihi berharap pada pengurus Objek Wisata Pantai Kerangmas, harus menyiapkan tim penyelamat disetiap hari yang selalu siaga di seputaran pesisir Obyek Wisata Pantai Kerangmas. “Jadi jangan hanya dikala hari-hari libur saja adanya tim penyelamat atau tim pengawas, buatlah tim pengawas dan penjaga pantai yang selalu siaga, “Pintanya.

Sementara anggota Komisi IV DPRD Lampung Timur dari Fraksi Partai Nasdem Agus Putra Eka Jasutra saat menjenguk korban tenggelam yang masih dirawat di Rs.Aka Medika Sribhawono mengatakan kami meminta pengelola Obyek Wisata laut atau pantai dilengkapi dengan tim penjaga pantai yang siap siaga dengan peralatan dan pengamanan lengkap, untuk mengantispasi setiap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti hal serupa yang telah terjadi dan menimpa adek Bagus Nawawi.

“Agar tidak terulang kembali kepada Bagus Nawawi lainnya, agar nantinya bisa memberikan kepastian atau himbauan bagi para pengunjung yang akan mandi dilaut. Karna kecelakaan laut tidak selamanya kesalahan mutlak dari manusia tetapi lebih dari kekurangan sarana dan prasarana keselamatan serta keamanan bagi yang ingin berwisata dipantai, “Kata anggota dewan Komisi IV itu.

Masih kata Agus Putra, kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur agar memperhatikan terkait tempat-tempat Objek Wisata seperti di Kerangmas. Seharusnya bila ingin Obyek Wisata Pantai menjadi andalan pariwisata setempat, haruslah ditunjang dengan sarana dan prasarana keamanan pantainya. Contoh sederhana saja, belum ada petugas keselamatan dan keamanan pantai setempat, yang dibarat dinamai Life Guard.

Selain itu, pengelola pantai harus menyiapkan tim penyelamat dan seharusnya kasih seragam, jadi wisatawan paham keberadaan mereka sebagai tim penyelamat yang secara jelas. Padahal sesuai standar prosedur operasional, wisatawan yang tengah berenang atau mandi dilaut harus dekat deangan Life Guard yang mudah dikenali agar terlihat seragamnya.  “Pungkasnya. (Roni).