Peran Pers Sebagai Alat Kontrol Sosial, Pejabat Harus Tau

0
127

Lampung (Bumi1.com) Pers merupakan wahana atau bagian dari lembaga kemasyarakatan. Pers bergerak dalam bidang pengumpulan, menampung dan penyebaran informasi untuk kepentingan umum. Hal itu sesuai dengan undang -undang pokok Pers, Senin (31/08/2020).

Pers memiliki visi untuk ikut mencerdaskan bangsa dan menegakkan keadilan bagi masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya, Pers harus memperhatikan tata nilai dan kode etik yang berlaku dalam undang -undang Pers di masyarakat luas.

Kerena dalam kehidupan, masyarakat memiliki hak untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan hajat hidup mereka, dan Pers itu dituntut profesional untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut untuk masyarakat umum.

Dalam undang-undang Pers No.40 Tahun 1999 dinyatakan bahwa peran Pers merupakan lembaga kontrol sosial serta sebagai wahana komunikasi massa.

Peran Pers adalah melaksanakan kegiatan jurnalistik, dan berperan sebagai media informasi yang memiliki fungsi mendidik, membangun, hiburan dan kontrol sosial. Itu tugas pokok Pers saat menjalankan aktivitasnya. (Erwan/red)