Wisatawan Asing Kunjungi Objek Wisata Danau Kelimutu

0
89

NTT (Bumi1.com) Danau Kelimutu adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh turis-turis asing dan masyarakat dari daerah lain yang mengagumkan atas keindahannya.

Keindahan Danau Kelimutu berada di Desa Pemo Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu sendiri berasal dari kata keli artinya gunung dan mutu artinya mendidih.

Pesona keindahan Danau Kelimutu tidak terlepas dari danau tiga warna yang warnanya dapat berubah-ubah dan juga berkembangnya mitos yang selama ini dipercayai oleh penduduk sekitar, perubahan warnanya disebabkan oleh komposisi mineral yang terdapat dalam danau itu.

Ketiga danau tersebut mempunyai nama yang berbeda-beda menurut kepercayaan masyarakat sekitar. Danau Tiwu Ata Polo (danau warna merah), Tiwu Nua Muri Koo Fai (danau warna biru),Tiwu Ata Mbupu (danau warna putih). Danau yang memiliki luas 1.050.000 meter persegi menurut kepercayaan penduduk sekitar dapat berubah-ubah dan memiliki perbedaan makna sesuai namanya.

Tiwu Ata Polo adalah tempat untuk jiwa-jiwa yang telah meninggalkan dunia bagi orang yang semasa hidupnya melakukan kejahatan,Tiwu Nua Muri Koo Fai sebagai tempat bagi jiwa muda mudi yang telah meninggal,Tiwu Ata Mbupu sebagi tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.

Pada acara adat tahunan yang diselanggarakan setiap tanggal 14 agustus oleh suku lio yaitu pati ka atau memberi makan yaitu memberikan sesajen kepada leluhur yang berdiam di danau tersebut, suku lio percaya bahwa danau tersebut merupakan peristirahatan terakhir bagi jiwa-jiwa yang kembali setelah perjalanan hidup berakhir.

Selain disajikan oleh pemandangan tiga danau warna yang dinikmati dari puncak danau kelimutu anda juga dapat menunggu datangnya sang fajar menampakan diri disela-sela bukit sambil menikmati minuman dan makanan faforit seperti kopi, teh panas dan jagung rebus yang dijual disekitar. Agar tidak ketinggalan momen sunrise jangan lupa datang ke puncak kelimutu sebelum matahari terbit. (Rls/Yohanes)