Kebun Sawit Milik Warga Tulung Pasik Hangus Terbakar

Lampung (Bumi1.Com) Kebakaran lahan gambut menimpa kebun sawit milik warga Tulung Pasik Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur . Lahan yang terbakar sebanyak kurang lebih 1000 M lahan gambut. Kamis (13/11/2019).

Pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 14.00 wib didampingi kasi pemerintah Desa Tulung Pasik Syahroni. Dan langsung menjinakkan api yang membakar lahan gambut milik warga setempat.

Pantauan Bumi1. Com dilapangan terlihat sebanyak 5 personil dan satu unit pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan untuk memadamkan kebakaran lahan gambut yang mulai mendekati pemukiman warga setempat .

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Mataram Baru Prayitno mewakili Camat Mataram Baru mengatakan “Kebon sawit dan lahan kosong diperkirakan kurang lebih 1000 M lahan terbakar. Dugaan kami ini terjadi akibat cuaca panas yang mengakibatkan lahan gambut terbakar.”Jelasnya.

Selanjutnya Sekcam Mataram Baru menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan bersiaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. ” Saya menghimbau kepada warga agar waspada dan bersiaga, Karena api suatu saat masih menyala kalau tidak tuntas semuanya. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Harapnya.

Menurut keterangan warga setempat Sabak Umar tokoh masyarakat Desa Tulung Pasik mengatakan ” kebakaran ini terjadi hampir setiap tahun pada musim panas, Tetapi ini yang paling parah dari tahun-tahun yang lalu. “Ucapnya.

Agus petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Lampung Timur saat diwawancarai Bumi1. Com menjelaskan “Kami berusaha semaksimal mungkin memadamkan api yang membakar lahan gambut yang mulai mendekat pemukiman warga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan makanya saya langsung kelokasi kebakaran.

Lanjut Agus, kurang lebih 2 jam petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk menjinakkan api yang membakar lahan gambut, saat menjinakkan api yang membakar kebun sawit dan lahan gambut kesulitan akibat terkendala susahnya mencari sumber mata air untuk memadamkan api. “Selain itu juga terkendala dengan sulitnya masuk lokasi kebakaran, Karena tanahnya amablas dan susahnya mencari sumber mata air, “Jelas Agus petugas Damkar.

Sampai berita ini diterbitkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Lampung Timur bersama warga setempat masih terlihat terus berusaha memadamkan api yang terus menjalar ke kebun sawit. (Wahib)

52 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *