BPSDM Bersama Polindra Indramayu Gelar Sertifikasi Berbasis SKKNI

Jawa Barat (Bumi1. Com) Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo Bandung Jawa Barat bersama Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) Indramayu menggelar sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi lulusan SMK Jurusan TIK dari 28 Oktober hingga 1 November 2019 di Aula Polindra Indramayu Jawa Barat.

Kepala BPSDMP Kominfo Bandung Jawa Barat Dra. Betty Djuliati menjelaskan, semakin pesatnya kemajuan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia kerja perlu kiranya generasi muda di Indramayu memiliki pengakuan sertifikasi kompetensi.

Menurutnya, usia muda di Indonesia khsuusnya di Indramayu dikategorikan sebagai Generasi Y atau generasi milenial yang diharapkan memberikan kemajuan di bidang ekonomi dan pasar global melalui peningkatan SDM sejak dini yakni, sertifikasi kompetensi SKKNI TIK. Sebagai terwujudnya tenaga kerja yang berkompeten dan menjadi nilai tambah untuk memperbesar peluang kerja di tingkat nasional terutama pasar bebas.

“Mempersiapkan kompetensi SDM yakni, melalui sertifikasi komptensi SKKNI TIK sejak dini merupakan hal yang perlu diikuti oleh para pemuda di Indramayu agar mampu bersaing memenangkan dan memperebutkan kesempatan kerja yang terbuka di berbagai bidang pekerjaan,”Jelasnya.

Keseriusan pemerintah pusat dan daerah dalam kegiatan sertifikasi kompetensi SKKNI TIK diharapkan dapat diimbangi oleh para peserta agar memaksimalkan kesempatan yang sudah nyata didepan mata, karena tidak semuanya peserta sertifikasi kompetensi di Indonesia dan Indramayu dapat mengikuti kegiatan sertifikasi kompetensi tersebut.

“Kesungguhan dan keseriusan 75 peserta dari lulusan SMK bidang TIK di Indramayu ini sangat kami harapkan agar maksimal mengikuti sertifikasi kompetensi SKKNI TIK bidang pelatihan Junior Network Administrator dan Junior Web Developer dengan baik. Supaya tercapainya SDM yang berdaya saing di tingkat nasional khusunya,”Harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu Drs. Aan Hendrajana mengatakan, Pemkab Indramayu telah komitmen membangun kualitas manusia yang berkualitas SDM berbasis agama, ilmu pengatahuan teknologi dan budaya lokal.

Dengan upaya itu diharapkan memberikan pemikiran dan pemahaman penggunaan perangkat teknologi dan informasi secara sehat, bijak, cerdas, kreatif dan produktif. “Melalui kegiatan ini diharapkan terwujudnya angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja di bidang TIK yang sudah tersedia. Karena Kabupaten Indramayu akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan terlaksananya visi dan misi Indramayu seiring dengan kemajuan zaman,”Ujarnya. (Rls)

1 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *