H. Nanang Ermanto Hadiri Panen Raya Padi Di Lamsel

Lampung (Bumi1.Com) Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto hadiri panen raya padi Hibrida dalam rangka mendukung “Upsus Pajale” dan pengukuhan Upja Gapoktan “Duta Tani Makmur” bertempat di Desa Balinuraga, Way panji, Lamsel. Kegiatan ini dilaksanakan di tengah hamparan sawah saat sedang melakukan panen raya padi milik warga Kecamatan Way Panji, Kamis (19/09/2019).

Hadir dalam acara tersebut Pejabat Pemkab Lamsel dan Perwakilan Pejabat dari Propinsi Lampung yakni, Dandim 0421 LAMSEL, Kapolsek Lamsel, Kepala OPD Lamsel, Sukintre Anggota DPRD dari Partai Golkar, Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Prop. Lampung diwakili oleh Muverdi, Kepala Bidang Hortikultura, Kepala Balai Pertanian Prop. Lampung, Kepala BPTP Prop. Lampung diwakili Erdiansyah, Dan Dadan Sunarsa Kepala BPP Prop. Lampung.

Panen padi ini luas lahan sawahnya di perkirakan kurang lebih 20 hekta, dalam perhektar para kelompok petani mencapai penghasilan 7 (tujuh) ton padi Hibrida, dengan harga jual gabah panjang mencapai 5100/kg, sedangkan untuk harga gabah pendek kisaran 4800/kg.

Plt Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto juga mengatakan, “saat saya jalan masuk kelokasi panen raya, saya lihat, ini musim kemarau tapi kok bisa panen, ini menunjukan para petani luar biasa semangatnya, ini harus kita syukuri hidup, karena ada kemarau yang luar biasa kita bisa panen,”Katanya.

Dikatakannya Nanang kegiatan ini terlaksana atas inisiatif dari kelompok tani sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa atas panen raya serta sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Pemerintah yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan, arahan serta bimbingan sehingga petani tetap semangat bertani ditengah-tengah musim kemarau yang cukup panjang ini. “Tutupnya.

Kepala unit pelayanan teknis (UPT) Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lamsel Kuncara menjelaskan panen padi di Kecamatan Way Panji pada bulan September 2019 ini mencapai 1.015 hektar padi Hebrida dengan pengairan sawah menggunakan air sumur bor dan diperkirakan untuk bulan Oktober 2019 mendatang akan kembali mengadakan panen raya dengan luas lahan sekitar 600 hektar padi Hibrida, “Jelasnya.

Ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Makmur, Desa Balinuraga Wayan Yase mengatakan, ini juga berkat kerja keras dari para petani yang mana saat ditengah-tengah musim kemarau kami masih bisa melakukan panen raya,”Ungkapnya.

Lanjut dia, Keinginan kami dari Gapoktan mengundang Plt Bupati Lamsel, sebagai ungkapan rasa sayang kami dan bentuk rasa bersyukur terhadap panen raya ini yang mana pada saat ditengah-tengah musim kemarau masih bisa panen. “Pungkasnya. (Jhony)

6views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *