12 Personil Tim Gabungan BPBD Dan SAR Cari Warga Hilang

0
12

Lampung (Bumi1.Com) Bertempat di Halaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bupati Tanggamus Dewi Handajani didampingi Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, melepas 12 Personil Tim Gabungan BPBD dan Badan SAR Nasional dalam rangka pencarian warga yang hilang di Perairan Pantai Gigi Hiu Kecamatan Kelumbayan, Selasa (23/07/2019).

Berdasarkan keterangan Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maryani. Kejadian bermula dari tiga warga yang melakukan kegiatan memancing di perairan dimaksud. “Ketiganya berpencar dimana 2 warga dapat kembali dan 1 warga tidak kunjung datang sampai siang ini. Bahkan hanya ditemukan alat pancingnya saja.

Selanjutnya, Pemkab Tanggamus melalui Bupati langsung memerintahkan BPBD dan Gabungan SAR Tanggamus, melakukan pencarian warga yang diduga hilang semalam,” terang Maryani.

Sementara Bupati dalam arahannya sebelum melepas Tim Gabungan BPBD dan Basarnas, mengharapkan semuanya berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan nelayan yang hilang dapat ditemukan dengan sehat dan tanpa ada kendala sesuatu apapun. Saya yakin Allah pasti akan memberikan hal terbaik untuk semua,” kata Bupati.

Bupati menambahkan Pelepasan Tim Gabungan ini, merupakan bentuk tindakan responsif dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus dari segala permasalahan, termasuk juga terhadap kejadian atau musibah yang dialami oleh warganya.

Bupati juga berpesan agar Tim tetap berhati-hati dan menjaga kesehatan. Selain itu beliau berharap ada tindakan edukasi bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk berhati-hati. “Terutama menghadapi musim angin Barat dan Timur yang sering terjadi, sehingga dapat menghindarkan terjadinya musibah-musibah yang tidak kita harapkan,” imbuhnya.

Sekda menambahkan bahwa Pemkab Tanggamus mendukung tugas dan peran yang dilalukan oleh Basarnas. “Kerjasama secara institusi dengan Rekan Basarnas bahwa tahun ini telah ditindak lanjuti proses hibah tanah yang berada di belakang Makodim 0424 Tanggamus, yang akan digunakan oleh Pos Basarnas Tanggamus. Mudah-mudahan dari Basarnas untuk infrastruktur pembangunannya bisa di anggarkan di Tahun Anggaran 2020.

Karena berdasarkan keterangan dari Kepala Pos Basarnas, apabila Pemda menyediakan lahan di tahun ini, maka Basarnas Pusat akan menganggarkan pembangunan Posnya. Mudah-mudahan dengan sinergitas ini benar-benar memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” terang Sekda. (Rls/Hasbuna)