Perpustakaan Kabupaten Pringsewu Hadir Dalam Versi Digital

Lampung (Bumi1.com) Tak perlu repot-repot dan jauh-jauh datang ke sebuah perpustakaan, jika untuk sekadar ingin membaca buku favorit anda. Untuk membaca buku, kini bisa dilakukan cukup dari handphone kita dan cukup dari rumah saja.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat saat ini sedang mengembangkan sebuah Perpustakaan Digital.

Menurut Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Tenaga Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Nia Marulita, S.H., dari seluruh koleksi fisik yang ada di Perpustakaan Kabupaten Pringsewu yang mencapai 3000 judul buku, yang sudah dalam bentuk digital baru mencapai 216 judul.

Dikatakan Nia, mewakili Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Dra.Hj.Nur Kuncoro Ningsih, perpustakaan digital tersebut merupakan sebuah inovasi serta pengembangan dari perpustakaan konvensional.

Maksud dan tujuan dari layanan Perpustakaan Digital ini, kata Nia, adalah agar masyarakat dapat lebih mudah dalam mengakses perpustakaan, karena bisa dilakukan dari dan dimana saja atau bahkan cukup dilakukan dari rumah. Sekaligus untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Selain aplikasi perpustakaan digital yang bisa diakses melalui internet pada aplikasi Google Playstore sejak akhir 2018 lalu, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu juga terdapat aplikasi Perpustakaan Digital (PADI) yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). “Untuk sementara, aplikasi PADI baru ditujukan untuk sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Pringsewu,” ungkapnya, Ahad (17/2/2019).

Lebih lanjut Nia berharap masyarakat Kabupaten Pringsewu dapat memanfaatkan layanan Perpustakaan Digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu, dengan cara mengakses melalui internet, baik lewat PC, maupun smartphone atau HP android dengan terlebih dahulu mengunduhnya di Playstore atau App Store dengan nama aplikasi Perpustakaan Kabupaten Pringsewu. “Di aplikasi ini pula, para pembaca atau pengguna bisa melakukan pendaftaran untuk menjadi member atau anggota Perpustakaan Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. menyambut baik dan memberikan apresiasi atas keberadaan layanan Perpustakaan Digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu. Perpustakaan Digital ini, menurut Fauzi, merupakan sebuah kreativitas sekaligus inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Wabup Pringsewu berharap masyarakat Kabupaten Pringsewu dapat memanfaatkan kemudahan teknologi ini untuk membaca berbagai macam judul buku, serta memperoleh berbagai macam informasi yang dibutuhkan, melalui Perpustakaan Digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu. (Rls/sarifal)

4views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *