Perajin Ikan Asin Keluhkan Harga Ikan Dan Garam

Cirebon (bumi1.com) Ibu Satuni Perajin atau sentra pembuatan ikan asin di Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati, Ceribon mengeluhkan pasokan ikan yang sedikit, sehingga harga ikan asin menjadi melonjak tinggi Kamis (14/6/2018).

Menurut sejumlah perajin ikan asin di Desa Grogol, Ibu Satuni menjelaskan harga ikan yang mau diasin sudah sangat mahal dan garam.makanya harga ikan asin sempat melambung tinggi namun harga ikan asin itu kembali normal pada saat musim ikan atau musim Bagan tiba.

“Sekarang aktivitas pengolahan ikan asin agak menurun, karena pasokan ikan yang mau diasin menurun dari nelayan,” ucapnya Ibu satuni. Sentral pembuatan ikan asin di Desa Grogol Blok Jenawi kidul.

Tambahnya sudah hampir seminggu ini pasokan ikan sedang sepi, dikarenakan memang di laut sedang tidak musim ikan sehingga hasil tangkapan dari nelayan sangat menurun dan menjelang hari raya Idhul Fitri 1439 H.

menurutnya, pasokan ikan yang mau diasin sebenarnya masih ada, tapi karena sedang tidak musim, sehingga pasokannya tidak banyak.

“Ia mengungkapkan, bila harga ikan¬† dari nelayan cukup tinggi, maka akan membuat biaya produksi ikan asin yang diperlukan akan mengalami kenaikan, mulai membeli garam,¬† dan upah buruh pengolahan ikan asin di setiap harinya,”tuturnya.

Diah warga Desa Grogol Blok Jenawi Kidul pekerjaan pengolahan ikan asin ditempat ibu satuni saat diwawancarai tentang pengolahan ikan asin menjelaskan harga untuk belahin atau pengolahan ikan asin dua ribu perkilo gram,ia sangat senang dari pada menganggur dirumah, pekerjaan seperti ini untuk nambah penghasilan rumah tangga keluarganya,

Setiap pengolahan ikan asin, ia mendapatkan penghasilan 25 ribu yang ia kerjakan setengah hari ditempat perajin ikan asin tersebut.” pungkanya.

Dari,ah warga Desa Grogol, pengolahan ikan asin yang dikerjakan oleh ibu satuni, ia mengatakan Alhamdulillah bisa buat menambah penghasilan dan membantu kebutuhan keluarganya, dari pada nganggur dirumah mas,” ucapnya pekerjaan pengolahan ikan asin. (Erwan/red)

4 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *